PLN Ajak Siswa MAN Demak Temukan Energi Alternatif

TRIBUNJATENG.COM, DEMAK – Ratusan pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Demak mendapatkan ilmu baru dari PLN, Kamis (24/8/2017).

Hari itu rombongan PLN Area Demak mengadakan kegiatan PLN mengajar di hadapan ratusan siswa dari jurusan Ilmu Alam.

Selama kurang lebih satu jam, Manajer PLN Area Demak, Mundakir memberikan materi soal keterbaruan energi. Setelah itu sesi tanya jawab juga diadakan untuk memberi kesempatan siswa mengeksplore ilmu yang didapat.

“Kegiatan ini merupakan salah satu bagian program BUMN Untuk Negeri, dimana kami diberi kesempatan mengajar mulai dari SD, SMP, hingga SMA atau jenjang sederajat,” jelas Mundakir dalam sesi wawancara.

Dalam satu minggu ini, ada lima sekolah yang dikunjungi PLN dari jenjang MI, MTs hingga MA. Di bulan September mendatang mereka akan bergilir ke SD, SMP hingga SMA atau SMK.

“Materi yang kami berikian adalah hal umum tentang kelistrikan tujuannya memberikan kesadaran dan pengetahuan terkait hemat energi,” bebernya.

Ia berharap generasi sadar energi akan muncul dalam beberapa dekade kedepan. Hal itu menurutnya penting karena saat ini saja energi menjadi hal yang berpengaruh dalam bernegara.

“Bisa dilihat, siapa yang menguasai energi akan memiliki peran paling penting. Tujuab kedua kami juga ingin memacu sifat kritis dari generasi muda, mendorong mereka berkreasi untuk mencari energi alternatif,” tambahnya.

Ia menandaskan saat ini sumber energi konvensional seperti minyak bumi dan gas alam diketahui akan cepat habis. Oleh karena itu, energi alternatif akan menjadi jawaban permasalahan tersebut.

sumber : TRIBUNJATENG.COM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *