Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

432 Peserta Didik Baru MAN Demak Antusias Ikuti Pembekalan MATSAMA 2022/2023

Sebanyak 432 peserta didik baru MAN Demak tahun pelajaran 2022/2023 antusias mengikuti pembekalan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA). Giat temu teknik MATSAMA yang dihelat oleh panitia itu dilakukan pada Rabu pagi (14/7), mulai jam 8.00 WIB.

 

Dengan tetap mematuhi prokes Covid-19, pembekalan yang digelar di halaman madrasah, Jalan Diponegoro 27 Demak, berjalan tertib dan khidmat. Segenap panitia, bapak ibu guru pendamping, dan kakak kelas pendamping, hadir dalam suasana akrab dengan para peserta didik baru kelas X MAN Demak hingga selesai.

 

Pak Taufiq dan Pak Guntur, selaku seksi acara di Kepanitiaan MTSAMA MAN Demak 2022 / 2023, pada kesempatan itu, tidak kalah semangat dalam memberikan arahan kepada seluruh peserta didik baru. Peserta mendapat wawasan tentang hal-hal yang nanti akan dijalani dan dikerjakan selama 4 hari mengikuti proses MATSAMA, yang dihelat mulai 18 - 21 Juli 2022.

 

Sebagai informasi, pelaksanaan MATSAMA yang dilaksanakan dalam pembekalan pagi tadi hingga pelaksanaannya nanti mengacu regulasi yang telah ditetapkan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor B-1419/DJ.I/Dt.I.I/HM.01/06/2022.

 

Madrasahku Menyenangkan, Prestasiku Membanggakan

 

Mengusung tema "Madrasahku Menyenangkan, Prestasiku Membanggakan", Pak Taufiq bersama segenap panitia MATSAMA 2022/2023 MAN Demak kali ini, bertekad mewujudkan 2 (dua) amanat yang telah disematkan oleh Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Rapublik Indonesia.

 

"Pertama MAN Demak sebagai madrasah Unggulan Akademik. Kedua, MAN Demak sebagai madrasah Unggulan Riset.  Terkait dua hal itu, maka diawali dari MATSAMA ini, kami ingin anak-anak mulai mendapatkan stimulus sejak awal masuk, agar kedepan terbiasa dengan perilaku akademik dan sikap kritis ilmiah, yang bisa mengasah kemampuannya utk melakukan riset," tegas Mantan Ketua PB. IMADE saat masih jadi mahasiswa dulu.

 

Pak Taufiq juga menimpali, semua yang nanti akan dikerjakan siswa baru selama masa ta'aruf, sudah diupayakan dan dikemas dalam suasana yang fun alias menyenangkan.

 

Menurut data prestasi yang ada, tahun ini, MAN Demak telah mengumpulkan lebih dari 400 medali preatasi tingkat nasional, 101 siswa diterima masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan 47 diantaranya masuk tanpa tes lewat jalur SNMPTN. Ada 3 siswa diterima masuk Perguruan Tinggi Luar Negeri. Bahkan dari capaian itu, kini MAN Demak menduduki peringkat ke-2 terbaik MAN se-Jawa Tengah. Hanya kalah dari MAN 1 Surakarta.

 

Pewarta: Supriyono (Staf Wakasis MAN Demak).