Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Kaleidoskop Prestasi MAN Demak 2021: Tahun Ke-2 Masa Pandemi, Tetap Sukses Rengkuh 216 Medali

Sejak Maret 2020, wabah Covid-19 mulai meluas di Indonesia. Hingga sepanjang tahun 2021 ini, memasuki tahun kedua masa pandemi Covid-19, dampaknya mulai terasa mengacaukan dunia, termasuk dunia pendidikan.

Seperti diungkapkan Waka Bidang Kurikulum MAN Demak, Wahyu Hidayat, S. Pd., M. Si., semua terkena imbasnya. Dalam pendidikan madrasah, dampak dari wabah C-19, membuat berbagai rancangan program pembelajaran di madrasah, terpaksa harus disusun ulang dan diadaptasi, menyesuaikan perubahan, serta perkembangan keadaan. Demikian pula yang terjadi di MAN Demak.

"Sepanjang tahun 2021 ini,  kami bersama pimpinan madrasah dan didukung Waka Bidang Kesiswaan, Sarpras, dan Humas, beserta jajaran di bawahnya, dituntut selalu bersinergi, melakukan pengetatan protokol kesehatan 5M, melakukan penyesuaian konten kurikulum, hingga mengatur penerapan sistem daring maupun blanding dalam pembelajaran tatap muka. Semua kami lakukan untuk menyiasati keadaan new normal yg sungguh tidak mudah,' ungkap Wahyu Hidayat, Waka Bidang Kurikulum MAN Demak.

Semangat Pantang Menyerah

Tak mau menyerah dengan keadaan, Ketua Penjamin Mutu Pembelajaran & Pendidikan di MAN Demak, Ahmad Sholeh, S. Pd., bersama Tim dan para pemangku kebijakan di MAN Demak, bertekad "sesulit apapun situasi pandemi saat ini, jangan jadi penghalang & alasan untuk tidak meraih prestasi".

Terbukti, lewat semangat pantang menyerah, di tahun kedua masa pandemi C-19 ini (Januari - Desember 2021), sebanyak 216 medali prestasi masih mampu diraih oleh siswa-siswi MAN Demak di berbagai ajang lomba, mulai level Kabupaten, Provinsi, Nasional, hingga Internasional.

"Capaian 216 medali tersebut terdiri 45 emas, 77 perak, dan 94 perunggu. Raihan prestasi itu, cuma 5 medali tingkat Kabupaten dan provinsi, 11 medali prestasi dicapai di level internasional,. Sisanya, capaian prestasi untuk tingkat nasional. Dari total perolehan medali itu, 85% disumbangkan oleh anak-anak program kelas unggulan Bilingual Science Class (BSC)," tutur pria ceplas-ceplos, yang kini tengah menempuh studi S2 program magister managemen pendidikan, sembari menikmati segelas kopi pagi kesukaannya.

Disinggung mengenai rahasia sukses anak-anak MAN Demak dalam mendulang prestasi, Ahmad Sholeh mengatakan, ini adalah buah dari hasil kerja tim di MAN Demak.

"Ini semua tidak lepas dari dukungan dan peran serta pimpinan madrasah, TU, para waka, terutama waka bidang Kurikulum, Kesiswaan, dan Sarpras, serta dukungan komite madrasah, orang tua, hingga para pembimbing, pembina dan pihak lain, khususnya dari kalangan praktisi, maupun kalangan perguruan tinggi yang kami ajak bersinergi membangun prestasi MAN Demak," tutur Ahmad Sholeh, yang juga menjadi Ketua Program Kelas Unggulan BSc MAN Demak.

Pria penyuka tanaman padi ini menambahkan, khusus untuk kelas unggulan BSC, ia bersama tim pendamping dan pembimbing, telah menetapkan target prestasi bagi setiap siswa binaan dan menginventarisir sejumlah event yang akan diikuti siswa, mulai tingkat kabupaten hingga internasional.

"Upaya-upaya ini kami lakukan bersama tim, demi menjaga marwah MAN Demak, yang telah dikukuhkan pemerintah (Kementerian Agama RI) sebagai madrasah unggulan di bidang akademik dan unggulan di bidang riset," tegas Ahmad Sholeh berapi-api.

Mantan aktivis kampus era 98 itu, juga menuturkan, menerapkan kebijakan karantina bagi siswa-siswi potensial yg terpilih, untuk dipersiapkan mengikuti ajang kompetisi, mulai tingkat lokal hingga internasional, yang sudah dijadwalkan jauh-jauh hari.

"Selain itu, kami juga menerapkan sistem promosi & degradasi kepada anak-anak yang telah kami siapkan untuk membawa nama MAN Demak di berbagai ajang lomba," tegas guru biologi yang sudah sejak lama memiliki hobi berladang dan bertani jambu organik khas Demak ini.

Ternyata, hasil yang dicapai tak tanggung-tanggung. Hanya dalam setahun saja, per Januari - Desember 2021,  siswa-siswi MAN Demak sukses meraup 216 medali di beragam ajang kompetisi yang diikuti. Tentu, sebuah pencapaian yang luar biasa & patut mendapatkan apresiasi.

Kalaidoskop Prestasi Januati - Desember 2021

Sepanjang 2021, sederet prestasi membanggakan hingga level internasional, telah ditorehkan siswa-siswi MAN Demak.

Berikut kaleidoskop prestasi siswa-siswi MAN Demak dalam mendulang medali di bulan Januari - Desember 2021:

Pada Januari 2021, MAN Demak memboyong 4 (empat) gelar juara tingkat nasional dari ajang: (1) National Science Competition (NSC), meraih 6 emas, 1 perak, 1 perunggu, di bidang Kimia, Matematika, dan Biologi; (2) Kompetisi Science College (KSC), meraih 3 perunggu, di bidang Geografi & Fisika; (3) Olimpiade Science, Social, and Lenguage, meraih 1 perak, 1 perunggu, di bidang Fisika; dan (4) Kompetisi Sains Indonesia (KSI), meraih 2 emas, 2 perak, 4 perunggu, di bidang Ekonomi, Geografi, Kimia, Biologi, Astronomi.

Kemudian dalam bulan Februari 2021,  menyabet 8 (Delapan) gelar juara tingkat ASEAN dan nasional dari ajang: (1) Asean Inovation Science Environmental Entrepreneur Fair (AISEF), meraih 1 perak, 1 perunggu, di bidang Riset Karya Ilmiah; (2) Olympiad Math Ecoscience General Applied (OMEGA), meraih 1 emas, 2 perak, 2 perunggu, di bidang Astronomi, Biologi, Ekonomi; (3) Ajang Medalies-Go (AMIGO), meraih 1 perak, di bidang Fisika; (4) Lomba Tari DINUS-FEST 2021, meraih 1 perak, di bidang Seni Tari; (5) Kompetisi Sains Nasional (KSN) Jenjang SMA/ MA/ SMK, meraih 2 emas, 1 perak, di bidang Matematika,  Biologi; (6) Olimpiade Sains Nasional (OSN), meraih 1 perak, 3 perunggu, di bidang Kebumian, Fisika, Matematika, Kimia; (7) Madrasah Olympiad Contest (MOC) Edisi 1.0, meraih 5 emas, 4 perak, di bidang Astronomi, Biologi, Fisika, Kimia; dan (8) Madrasah _Science Competirion_ (MSC), meraih 7 emas, 7 perak, 1 perunggu, di bidang Matematika, Fisika, Kimia, Ekonomi, Biologi.

MAN Demak juga meraih juara di tingkat Internasional dan Nasional pada bulan Maret 2021. Berkat sumbangsih 1 perunggu Internasional bidang Matematika pada Word Mathematies Invitation 2021. Dan Madrasah Olympiad Contest  (MOC) Edisi 1.0, meraih 2 perak, 5 perunggu, di bidang Matematika, Biologi, Ekonomi, Kebumian. Serta di ajang News Generation Olympiad  (NGO), meraih 1 perak, 2 perunggu, di bidang Sosiologi.

Selanjutnya, di bulan April 2021, 6 (Enam) Kejuaraan kembali sukses mengharumkan nama MAN Demak di ajang: (1) Youth International Science Fair  (YISF) tingkat International, membawa pulang 1 perak, di bidang Riset Karya Ilmiah; (2) Kompetisi Sains Se-Provinsi Jateng 2021. 1 perah, 3 perunggu ditorehkan di bidang Ekonomi; (3) Indonesian Student Science Competition, tingkat nasional merebut 1 perak di bidang Biologi; (4) Kompetisi MTQ Nasional Milad ke-56 UMP. 1 perak diraih di cabang MTQ; (5) Kompetisi Online Kijang Mas SMA Vol. 2, tingkat nasional, 1 perak disabet untuk bidang Ekonomi; (6) Olimpiade Numerasi Nasional. Raih 1 perak di bidang Ekonomi.

Dalam mengikuti kompetisi di bulan Mei 2021, 14 gelar juara diraih dalam Kompetisi Hardiknas Nasional. 7 perak, 7 perunggu diraih dari bidang Fisika, Astronomi, Ekonomi, Kimia, Informatika, Kebumian, Biologi, Geografi.

Prestasi yang ditorehkan oleh siswa-siswi MAN Demak terus berlanjut. Pada bulan Juni 2021, dalam event Inovation Bridge Competition, MAN Demak kembali menyabet 1 emas, 1 perunggu, di bidang Riset Karya Ilmiah. Tak hanya itu, di ajang Kompetisi Sains Nasional (KSN), 3 siswa lolos tingkat provinsi untuk bidang Geografi dan Kimia.

Pada Juli 2021, MAN Demak juga berjaya di 6 ajang kompetisi. Sebanyak 20 medali dikumpulkan. Pada event: (1) Indonesia Student Science Olympiad (ISSO) tingkat nasional, 1 emas, 2 perak, 1 perunggu, diunduh dari bidang Sosiologi; (2) Olimpiade Sains Se-Indonesia. Meraih 1 perak bidang Ekonomi; (3) News Physics Olympiad 1 perak tingkat nasional dari bidang Fisika; (4) Advance Sains Olimpiade. 8 perak, 4 perunggu tingkat nasional diboyong dari bidang Sejarah, Kebumian, Bahasa Inggris, Astronomi, Fisika, Kimia, Matematika, Biologi; (5) Olimpiad Math Ecoscience General Applied (OMEGA), menorehkan 1 perunggu nasional bidang Biologi, Matematika; (6) National Cynosure Olympics, 1 perunggu nasional di bidang Geografi.

Bulan Agustus 2021, bendera prestasi MAN Demak kembali berkibar. Panen medali diraih dari 8 ajang kompetisi: (1) Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO). Sabet 3 emas, 5 perak, 7 perunggu tingkat nasional dari bidang Geografi, Ekonomi, Kimia, Matematika, Biologi; (2) Indonesia Youth Olympics Center (IYOC). 3 emas, 1 perak tingkat nasional untuk bidang Ekonomi, Biologi, Kimia, Fisika; (3) Try Out Akbar Collage SMA Nasional. Raih 3 perak, 1 perunggu nasional untuk Matematika Astronomi; (4) Kompetisi Sains Madrasah (KSM). 1 emas, 1 perak Kabupaten dari bidang Matematika, Fisika; (5) Olimpiade Matematika & Pengetahuan Alam. 1 perak Nasional diperoleh dari bidang Geografi; (6) Olimpiade Literasi & Numerasi. 1 perunggu nasional; (7) Olimpiade Matematika FPKS. 1 perunggu nasional bidang Matematika; (8) National GES Olympiad 1 perunggu nasional bidang Geografi.

Selanjutnya, di bulan September 2021, 3 (Tiga) Kejuaraan kembali sukses mengharumkan nama MAN Demak di ajang: (1) Word Mathematic Invitational (WMI). 1 perunggu, & peringkat 10 Internasional diraih dari bidang Matematika; (2) Olimpiade Sains Nasional Global Youth Action. Merwbut 1 perak nasional budang Astronomi; (3) HKIMO Heat Round. Merebut 3 perunggu Internasional, bidang Matematika.

Dalam bulan Oktober 2021, nama MAN Demak kembali terukir di 10 (Sepuluh) ajang kompetisi tingkat internasional & nasional. Antara lain: (1) Thailand International Mathematical Olympiad. Unduh 2 emas, 2 perunggu internasional bidang Matematika; (2) Insight Arjuna Competition 2021. Raih 1 emas, 3 perak bidang Matematika; (3) Olimpiade Matematika 2021. 1 perak bidang Matematika; (4) Olimpiade Matematika UIN Sunan Ampel. Finalis nasional bidang Matematika; (5) Indonesia Youth Science Competition (IYSC). 1 perunggu Matematika; (6) Kompetisi Matematika POSI, 1 perunggu; (7) Kompetisi Sains Nasional Primagama, 1 perunggu Fisika; (8) Olimpiade Sains Akbar Nasional, 1 perunggu Matematika; (9) Olimpiade Sains Siswa Nasional (OSSN), 1 emas, 1 perunggu Matematika; (10) Junior Competition, 3 emas Matematika.

Pada November 2021. (1) Inside Heroes Cup 2021. MAN Demak meraih 1 emas nasional untuk Matematika; (2) National Biology Competition. 1 perak nasional kembali mewarnai prestasi MAN Demak.

Terakhir, pada Desember 2021, MAN Demak berjaya pada event: (1) Olimpiade Pendidikan Agama Islam SMA. Petik 2 emas, 1 perak, 6 perunggu nasional bidan PAI; (2) Kompetisi Terbuka Olimpiade Nasional (KTON). 1 perunggu, 2 finalis nasional bidang Geografi; (3) Lomba Cipta Puisi Siswa SMA/SMK/MA. Dapat 1 perak; (4) Momentum UNAIR. Hasil 2 finalis nasional untuk Fisika; (5) Olimpiade PAI 2021. Sabet 2 emas, 8 perak, 2 perunggu nasional; (6) Olimpiade Fisika Islam Nasional (OFIN). Harapan 2 nasional bidang Fisika; (7) Economic Competition Annual Activity 2021. Harapan 1 nasional; (8) Uniscom UNIKAMA. Harapan 1, Harapan 2 nasional Fisika; (9) LCC STIE BPD Jateng. 1 perunggu nasional bidang Akuntansi; (10) KEJURKAB 2021. Menyabet 1 emas, 1 perak tingkat Kabupaten untuk Cabang Pencak Silat.

Pembinaan Internal

Lewat penerapan pembinaan dengan sistem Promosi - Degradasi, ditambah simulasi yang setiap saat digelar untuk siawa-siswi yang menjalani karantina pembinaan prestasi, kadang masih menemui kendala.

Prestasi demi prestasi yang dipetik para siswa-siswi MAN Demak sepanjang tahun 2021, tentu membanggakan sekaligus meninggalkan kesan tersendiri. Sebab mereka berlomba dan bertanding pada masa pandemi Covid-19 ditengah varian virusnya yang terus berkembang.

Dibawah arahan seluruh tim di MAN Demak, mereka tetap fokus pada target yg dituju dan tampil sebagus mungkin di setiap ajang yang diikuti.

"Bangga sekali rasanya bisa mengantar anak-anak mencapai target yang diharapkan. Meski ada beberapa yang masih luput dari harapan. Kedepan, kami akan pasang target pencapaian 500 medali prestasi, baik akademik maupun non-akademik Semoga terwujud," pungkas Ahmad Sholeh.

 

Pawarta : Supriyono, S.Pd