Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Keluarga Besar MAN Demak Gelar Halal Bihalal

mandemak.sch.id - Hari pertama masuk madrasah, segenap guru dan peserta didik MAN Demak melaksanakan halal bi halal dalam rangka merayakan Hari Raya Idul Fitri 1445 H. diawali dengan pembukaan, kemudian dilanjutkan dzikir tahlil yang dipimpin oleh Asmu'i, S.Ag. dan disambung sambutan dari kepala madrasah, Drs. H. Syaefudin, M.Pd., dan sambutan ketua komite madrasah, Drs. KH. Mohammad Sholeh, M.Ag. Rabu, ( 17/04/2024).

Walaupun hari pertama masuk madrasah setelah libur hari raya selama 2 pekan, segenap guru dan peserta didik semangat bersilaturrahim bersama keluarga besar MAN Demak. Ditengah terik matahari yang memancarkan sinarnya Kepala MAN Demak menyapa segenap keluarga besar madrasah agar memaknai Halal Bi Halal ini dengan sama-sama saling memaafkan. 

"Tidak ada manusia yang luput dari kesalahan, ada salah kepala madrasah pada guru-guru, salah guru pada siswa, dan juga salah siswa pada guru" ujar Kepala Madrasah dihadapan segenap pengunjung. Oleh karena itu, beliau menyerukan agar semua minta maaf dan memaafkan tidak hanya sebatas lisan dan tulisan.

Dalam acara tersebut juga menghadirkan pembicara, KH. Misbahuddin dari Purwodadi. Dalam tausiyahnya mengurai tentang surat Ali Imran ayat 134.

disela-sela tausiyahnya, sang kiyai memberikan kuis atau sambung ayat Al-Qur'an untuk bisa dilanjutkan para peserta didik. dengan tunjuk jari langsung dapat dilanjutkan siswa yang bernama Nafisah, Laeli, sehingga keduanya mendapat reward 100 ribu dari pak kiyai. Acara semakin menarik ketika siswa yang bernama Fafa tak mampu untuk melanjutkan sambung ayat, dan diharap untuk meminta bantuan kepada sisswa lainnya dan akhirnya mampu untuk menjawabnya dan akhirnya mendapatkan 100 ribu.

setelah itu dilanjutkan pertanyaan terkait dengan isi tausiyahnya, dengan pertanyaan tentang kriteria orang yang sukses ada 4, diantaranya dermawan, sabar, memaafkan sesama manusia, bila melakukan dosa cepat-cepat minta ampunan dapat dijawab oleh siswi yang bernama Ara dan mendapatkan reward 100 ribu juga.

Pada dasarnya Halal Bihalal mempunyai tujuan untuk menyambung apa-apa yang tadinya putus mejadi tersambung kembali untuk saling maaf-memaafkan sehingga seseorang menemukan hakikat Idul Fitri.

Acara Halal Bihalal Idul Fitri 1445 H diakhiri dengan do’a bersama. Setelah acara halal bihalal, dilanjutkan saling bersalaman siswa/i  bersama semua guru, komite madrasah, staf tata usaha, dan  pegawai perpustakaan. Guru sesama guru  dan guru bersama staf tata usaha, dan pegawai perpusatakaan. Begitu juga dengan siswa bersama siswa.