Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

"MAN Demak Bergemuruh": Pelajar Gelar Pesta Demokrasi dalam Pemilihan Ketua OSIS

Demak – Sabtu, (2/9/2023) MAN Demak menggelar pesta  demokrasi Pemilihan Ketua dan pasangan Wakil Ketua OSIS (Pilkaos) masa bakti 2023/2024. Pesta demokrasi ini dalam rangka melatih dan mengenalkan demokrasi melalui pengalaman praktis pada peserta didik. Pilkaos ini dilaksanakan dengan sistem pemungutan suara oleh seluruh warga madrasah secara terbuka di lapangan utama MAN Demak.

Mengawali pelaksanaan pemilu terlebih dahulu diadakan apel di lapangan madrasah pada pukul 07.00 WIB dengan pembina apel Bapak Nur Cholis, S.Pd.dilanjutkan dengan pelaksanaan pemilu dari pukul 08.00 -12.00 WIB lalu diteruskan dengan penghitungan suara yang disaksikan oleh perwakilan dari masing-masing kelas. Pemilu berlangsung dengan tertib dan lancar, terlihat dari antusiasme guru dan peserta didik saat pemilihan berlangsung. Peserta didik tetap melaksanakan proses belajar mengajar, sambil menunggu jadwal dan giliran untuk menyalurkan hak pilihnya.

Pilkaos tahun ini ada 3 kandidat pasangan calon yaitu M. Haikal Maulana Ibrahim dan Tiara Arum Agustin sebagai pasangan calon nomor 1, Denis Akhsanul Hasyim dan Sabila Farchana sebagai pasangan calon nomor 2, dan Assabiqunal Awwalun dan Zidny Azizati sebagai pasangan calon nomor 3 juga terlihat sangat bersemangat mengikuti keseluruhan proses Pilkaos hingga selesai. 

Berdasarkan hasil rekapitulasi, paslon nomor urut 1, dinyatakan terpilih sebagai ketua dan wakil ketua OSIS MAN Demak masa bakti 2023-2024. Dari hasil rekapitulasi ada 1.244 pemilih, diperoleh 1.095 suara sah dan 149 yang dinyatakan tidak sah atau rusak. Pasangan calon nomor urut 1 mendapatkan 523 suara, pasangan calon nomor 2 mendapatkan 276 suara, dan pasangan calon nomor 3 mendapatkan 296 suara. 

Nur Cholis, S.Pd. selaku Wakil Kepala Madrasah bidang kesiswaan  mengucapkan terima kasih dan pengharhagaan kepada seluruh panitia, siswa, guru, dan karyawan yang telah ikut mensukseskan pesta demokrasi dengan menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS tahun ini.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh warga dan panitia Pilkaos MAN Demak yang telah berupaya agar pelaksanaan  pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS bisa berjalan dengan jujur, adil, sportif dan bertanggung jawab. Harapan saya semoga pengurus OSIS masa bakti 2023/2024 nanti mampu mengemban amanat, tugas dan fungsinya dengan baik dan bekerja dengan maksimal untuk memajukan madrasah sesuai visi misi madrasah ,” ujarnya.

Menurut beliau pesta demokrasi Pilkaos bisa dijadikan sebagai pembelajaran bagi peserta didik bagaimana menjalankan demokrasi yang baik. Peserta didik menjadi mengalami dan tahu bagaimana proses pemilihan umum yang benar.

Rangkaian proses pesta demokrasi pemilihan ketua dan wakil ketua OSIS MAN Demak sebenarnya telah dilaksanakan  sejak Juli-Agustus. Puncak dari pesta demokrasis adalah pencoblosan pada tanggal 2 September 2023 ini. Proses diawali dengan penjaringan, seleksi calon, penyampaian visi misi, debat kandidat oleh calon ketua dan wakil OSIS, dan puncaknya yaitu pemilih ketua OSIS. Panitia Pilkaos MAN Demak berusaha menyelenggarakan pesta demokrasi ini dengan semangat menjunjung tinggi asas Pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, serta adil tanpa ada upaya-upaya kecurangan yang mengarah pada kemengan salah satu calon pasangan (Pewarta Sulistyawati, S.Pd)