Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

MAN Demak Gelar Pelatihan Penyembelihan Kurban

mandemak.sch.id - Di pagi yang cerah dan penuh keberkahan MAN Demak menggelar pelatihan penyembelihan kurban Rabu, (19/06/2024). Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh peserta didik kelas X, XI, guru dan karyawan. Acara ini merupakan bagian dari tradisi tahunan untuk mengajarkan nilai-nilai keagamaan, solidaritas, dan kepedulian sosial kepada para peserta didik.

Pukul 07.30, kegiatan dimulai dengan pembukaan secara resmi oleh Kepala Tata Usaha MAN Demak, Hj. Wakhidatul Fajriyah, S.Ag. 
Dalam sambutannya menyampaikan rasa syukurnya atas keberhasilan acara pelantihan kurban tahun ini. Beliau juga mengungkapkan harapannya agar nilai-nilai kebaikan dan kebersamaan yang terjalin dalam acara ini dapat terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

“Kami berharap kegiatan seperti ini dapat menjadi momentum untuk meningkatkan rasa saling menghargai dan kepedulian terhadap sesama di lingkungan madrasah dan masyarakat,” ucapnya.

Masih dalam suasana berkabung dalam beberapa hari yang lalu tepatnya hari Ahad (16/06/2024) keluarga besar MAN Demak ditinggalkan untuk selamanya oleh kepala madrasah Drs. H. Syaefudin, M.Pd., sehingga acara nampak sangat khidmat terasa terselimuti rasa duka yang mendalam mengisi lapangan madrasah yang telah disiapkan sebagai tempat pelaksanaan penyembelihan.

Setelah pembukaan, prosesi penyembelihan kurban dimulai dengan penuh khidmat. Sejumlah hewan kurban telah disiapkan. Tiap-tiap hewan kurban memiliki makna tersendiri, baik sebagai wujud syukur, pengabdian, maupun pembelajaran bagi seluruh peserta didik.

Setelah selesai proses penyembelihan, daging-daging kurban kemudian diproses untuk dibagikan kepada berbagai pihak yang berhak menerimanya. Panitia yang terdiri dari siswa, guru, dan staff madrasah telah menyiapkan voucher untuk memudahkan distribusi kepada masyarakat sekitar, panitia qurban, serta seluruh anggota madrasah yang telah turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Para peserta didik yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini juga mengungkapkan kesan dan belajar yang mereka dapatkan. Mereka merasa terinspirasi untuk lebih memahami makna sebenarnya dari berqurban, bukan hanya sebagai kewajiban agama, tetapi juga sebagai bentuk pengabdian dan kepedulian kepada sesama.

Dengan pelatihan penyembelihan kurban yang dilaksanakan oleh MAN Demak pada tahun ini tidak hanya meningkatkan keimanan dan ketakwaan, tetapi juga memperkuat kebersamaan dan kepedulian dalam bingkai pendidikan yang holistik dan berorientasi pada nilai-nilai kemanusiaan. Semoga kegiatan positif semacam ini dapat terus menjadi bagian dari pembentukan karakter siswa dan memperkuat ikatan sosial di masyarakat.

http://psb.mandemak.sch.id/