Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

MAN Demak Peringati Hari Kebangkitan Nasional Ke-116

mandemak.sch.id - Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 116 yang jatuh pada tanggal 20 Mei 2024, Bertujuan untuk terus memelihara, menumbuhkan dan menguatkan semangat gotong-rotong kita sebagai landasan dasar dalam melaksanakan pembangunan.

MAN Demak melaksanakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke 116 yang dilaksanakan hari Senin (20/05/2024) di halaman MAN Demak.

Upacara diikuti oleh segenap keluarga besar MAN Demak yang terdiri tenaga pendidik/guru, tenaga kependidikan/karyawan dan peserta didik kelas X dan XI.

Dalam sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI oleh Wakil Kepala MAN Demak Bidang Kurikulum Ahmad Soleh, S.Pd. selaku Pembina upacara, menyampaikan teks pidato Hari Kebangkitan Nasional dengan mengusung tema "Bangkit Untuk Indonesia Emas". Teks tersebut berisi tentang perjuangan organisasi Budi Utomo untuk mengejar ketertinggalan Indonesia dari bangsa lain dan cita-cita pemerintah untuk generasi mendatang. Berikut potongan teks pidato Menkoinfo,

Kebangkitan nasional adalah penanda lahirnya zaman baru. Pencetus cara berpikir baru. Semangat kebangkitan nasional merumuskan kemerdekaan sebagai wahana memperjuangkan kedaulatan dan kemuliaan manusia. Apa yang digagas Budi Utomo, Kartini dan para embrio bangsa, kemudian dirumuskan Bung Karno sebagai "jembatan emas".

Kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini. Kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu.

Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju "Indonesia Emas 2045". Mari kita rayakan kebangkitan nasional kedua menuju Indonesia Emas!

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh,
Syalom, Om shanti, santi, santi om, Namo Budhaya.

Upacara berlangsung dengan khidmat, setelah upacara dilanjutkan dengan briefing yang dipimpin oleh Wakil Kepala madrasah bidang kurikulum Ahmad Soleh,  S.Pd.