Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

MAN Demak peringati  Hari Lahirnya Pancasila

mandemak.sch.id - Peringatan Hari Lahir Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni yang merupakan momentum penting bagi seluruh elemen bangsa Indonesia untuk dapat mengembalikan nilai-nilai luhur Pancasila yang semakin memudar. Kuncinya terletak pada jiwa kepemimpinan di negara ini, mengingat mereka adalah figur pemimpin yang secara otomatis dijadikan panutan masyarakat.

Kondisi bangsa yang ramai dengan hiruk-pikuk kegaduhan sosial bahkan sampai merambah ke ranah agama saat ini diantara indikator mulai terkikisnya nilai-nilai luhur Pancasila. Kuncinya hanya satu yaitu dibutuhkan pola kepemimpinan yang mampu dijadikan role model, karena seorang pemimpin harus menjadi teladannya masyarakat.

Dalam rangka menanamkan nilai-nilai karakter Pancasila bagi  generasi muda, maka harus ditanamkan sejak sedini mungkin, mulai dari sekolah Dasar sampai kejenjang perguruan tinggi. Hal ini dilakukan sebagai momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia.

Oleh karena itu Sabtu (01/06/2024) MAN Demak mengadakan kegiatan upacara Hari Lahir Pancasila. Karena berdasarkan Keppres Nomor 24 Tahun 2016, tanggal 1 Juni merupakan salah satu hari penting dalam kalender bangsa Indonesia. Pasalnya, di tanggal tersebut diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila. Adapun pemilihan tanggal 1 Juni sebagai Hari Lahir Pancasila merujuk pada momen sidang Dokuritsu Junbi Cosakai (Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan/BPUPKI) dalam upaya merumuskan dasar negara Republik Indonesia.  Badan ini menggelar sidang pertamanya pada tanggal 29 Mei 1945. Dalam sidang tersebut, anggota BPUPKI membahas mengenai dasar-dasar Indonesia merdeka.

Bertindak sebagai Pembina upacara adalah guru ASN MAN Demak yang pada 1 Juni ini memasuki masa pensiun sekaligus dikemas acara perpisahan kepada Drs. H. Shobirin, S.Pd. di lapangan madrasah setempat Sabtu (01/06/2024). Sebagaimana pepatah mengatakan, ada pertemuan tentu juga ada perpisahan begitupun di pagi nan cerah di MAN Demak hari ini. Bapak Drs. H. Shobirin, S.Pd. yang sudah memasuki masa Purna tugas sebagai Pendidik di MAN Demak.

Datang akan pergi, awal akan berakhir, terbit akan tenggelam, seperti dalam lirik lagu Endank Soekamti yang berjudul sampai jumpa, demikianlah yang dialami oleh Drs. H. Shobirin, S.Pd. merupakan guru senior. Ia berakhir masa tugasnya 1 Juni 2024. Dengan demikian, Sabtu 1 Juni 2024 MAN Demak menggelar upacara sekaligus acara perpisahan dan mengenang masa bersama pak Birin.

Drs. H. Syaefudin, M Pd. melalui Wakamad Bidang kurikulum Ahmad Soleh, S.Pd. mengucapkan terimakasih dan permohonan maaf yang setingginya kepada Drs. H. Shobirin, S.Pd. salah satu guru terbaik MAN Demak, perpisahan ini bukanlan perpisahan selama-lamanya tetapi perpisahan tugas, tentu saja kita masih bisa bertemu dan silaturahim kembali di acara keluarga bahkan acara di madrasah kita.

Kegiatan berlangsung di pagi hari dirangkai dengan foto bersama dan penyerahan cinderamata. Kegiatan diikuti seluruh peserta didik, guru dan karyawan di lapangan MAN Demak.