Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

MAN Demak Peringati Isra' Mi'raj

Demak - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Demak mengadakan peringatan Isra' Mi'raj, Istighotsah, dan Do'a Bersama Pasca banjir & Sukses Asesmen Kelas XII yang berlangsung di halaman madrasah, Jum'at (23/02/2024). 

Kepala MAN Demak Drs. H. Syaefudin , M.Pd. dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengingatkan peristiwa Isra' mi'raj 

"Kegiatan ini sebagai media pengingat dan meningkatkan ketakwaan bagi siswa-siswi untuk mengaplikasikannya," katanya. 

Disampaikan, kegiatan bertujuan untuk meneguhkan iman dan takwa warga madrasah terutama peristiwa isra' dan mi'raj Nabi Muhammad SAW. "Kegiatan ini agar siswa siswi semakin menghayati perintah shalat sebagai kebutuhan, bukan sekadar penggugur kewajiban," ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan ini juga dimanfaatkan penyerahan bantuan untuk sedikit membantu siswa-siswi MAN Demak yang terdampak banjir Demak yang telah berlalu.

Kiai Sholahudin dalam mauidlahnya menyampaikan materi tentang pendidikan.

Pendidikan adalah bidang yang sedang kita tempuh bersama-sama saat ini. Baik sebagai peserta didik maupun sebagai penyelenggara pendidikan. Kita semua sama di mata pendidikan, kita semua padu dalam ekosistem pendidikan sepanjang hayat. Artinya, sampai kapanpun dan dimanapun kita semua harus menjadi penggerak pendidikan baik dalam skala kecil maupun besar.

Pentingnya pendidikan dalam kehidupan bangsa bersandar pada kenyataan bahwa perkembangan sumber daya manusia merupakan faktor terbesar dalam kesuksesan sistem masyarakat. Baik dalam sektor ekonomi, sosial, politik, budaya, dan sektor-sektor utama lainnya.

Berperilaku sesuai moral yang ada, akan memperkokoh kondisi bangsa. Sebab itu, penting bagi kita semua, agar senantiasa menjaga sisi moralitas diri, dari hal-hal yang merusak nilai kearifan.

Orang tua/guru bertanggung jawab besar untuk memastikan anak-anaknya/siswanya terhindar dari hal-hal yang merusak moral. Orang tua/guru harus selalu mengarahkan sekaligus memberi contoh nyata, dalam mendidik moralitas putra-putri kita.

Sangat penting bagi kita, untuk membentengi dan membangun pondasi, agar anak-anak tidak tercebur dalam perilaku yang tidak baik.

Oleh sebab itu, saya mengajak Bapak/Ibu sekalian, serta diri saya sendiri, untuk selalu menjunjung nilai moral, etika dalam masyarakat, gotong royong, tenggang rasa, dan sikap saling menghargai.

Hikmah dari Isra' mi'raj kali ini, semoga kita semua senantiasa dalam rahmat dan lindungan Allah Yang Maha Esa, dan anak-anak kita dilindungi dari segala hal yang merusak moralitas.

"Semoga Allah ngijabahi cita-cita kita menjadikan anak sholih-sholihah," pungkasnya.