Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

MAN Demak Selenggarakan Rapat Persiapan HUT Tahun 2024

Demak – MAN Demak tengah menyelenggarakan rapat persiapan HUT MAN Demak ke-28 di Aula MAN Demak, Kamis (23/11/2023).

Acara yang dipimpin oleh wakil kepala bidang humas, Mufaid, S.Pd diikuti Kepala madrasah, Wakamad, dan segenap panitia tingkat guru dan perwakilan dari peserta didik ini berlangsung mulai pukul 09.30 WIB. s/d selesai.

MAN Demak merupakan salah satu madrasah yang berada di Kabupaten Demak, Provinsi Jawa Tengah. Madrasah ini berdiri pada tanggal 12 Januari 1996. Untuk mengenang peristiwa tersebut, setiap tahunnya madrasah ini mengadakan ulang tahun. 

Pada tahun 2024 nanti usia madrasah sudah memasuki tahun ke-28, kegiatan anniversary MA Negeri Demak ini menjadi momen yang sangat penting bagi seluruh warga MAN Demak. 

Dalam memperingati anniversary ke-28 ini melibatkan seluruh warga madrasah untuk ambil bagian dalam kepanitiaan. 

Kepanitiaan ini terdiri dari unsur guru dan siswa secara proporsional, “Dengan adanya persiapan dan ketersediaan biaya yang cukup, Insyaallah acara akan berjalan lancar” begitu perkataan salah satu panitia inti dari acara ini.

Sudah menjadi tradisi di MA Negeri Demak, untuk merayakan ulang tahun di setiap tahun pada bulan Januari dengan mengadakan acara lomba akademik dan nonakademik baik skala internal maupun eksternal. Selain itu juga menghadirkan artis nasional dan grup bandnya Guyon Waton dari Yogjakarta, dan pada puncak acaranya insyaallah ditutup dengan  MAN Demak bersholawat dengan menghadirkan Habib Zaenal Abidin Assegaf dan Hadrah Azzahir dari Pekalongan.

Sebelum menjadi MAN Demak madrasah ini merupakan persawahan, namun karena adanya aspirasi dari masyarakat dan warga setempat tentang masalah pendidikan, semuanya akhirnya sepakat untuk membangun sebuah bangunan madrasah yang dimana menjadi tempat proses pembelajaran dengan nama MA Islamic Centre. 

MAN Demak ini awalnya merupakan madrasah swasta milik YPIC Sulfa Demak dari Madrasah Aliyah Islamic Centre yang didirikan tahun 1987   dan dipimpin kepala madrasah, Abdullah AM, yang dimana merupakan awal masa madrasah ini baru selesai di dirikan. Seiring berjalannya waktu, madrasah memiliki masa pergantian kepala yang kemudian dilanjutkan oleh Drs. Firdaus Faishol. 

Setelah menjadi MAN Demak tepatnya tanggal 12 Januari 1996 kepala madrasah dijabat oleh Drs. H. Mohammad Sholeh, M.Ag., bahkan beliau menjabat dua kali, selain di periode I juga menjabat di periode yang IV jelang purna/masa pensiun, sedangkan periode II dijabat oleh Drs. H. Munawar AM, dilanjutkan periode berikutnya dipimpin Dra. Hj. Zulaikhah MT.,M.Pd.I., kemudian Drs.H. Suprapto, M.Pd., setelahnya dijabat oleh Drs. H. Moh. Soef, M.Ag.

Sudah menjadi sesuatu yang wajar dalam pergantian kepala madrasah dari masa ke masa. Hingga saat ini kepala MAN Demak dijabat oleh Drs. H. Syaefudin, M.Pd yang menjabat sejak tahun 2022 hingga saat ini.