Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

MAN Demak Selenggarakan Upacara Hardiknas 2024

mandemak.sch.id - Dalam rangka memperingati Hardiknas 2024 ini, MAN Demak menggelar Upacara Hardiknas di lapangan MAN Demak, Kamis (02/04/2024). 

Upacara diikuti oleh segenap keluarga besar MAN Demak, dari Kepala madrasah, Kepala Tata Usaha, Wakamad, guru, dan seluruh peserta didik yang terdiri dari kelas X dan XI.

Tanggal 2 Mei ditetapkan sebagai Hari Pendidikan Nasional atau Hardiknas. Penetapan peringatan ini menjadi salah satu wujud nyata kepedulian Pemerintah RI akan pentingnya pendidikan di Indonesia.

Penetapan tanggal 2 Mei sebagai Hari Pendidikan Nasional oleh Pemerintah RI tertuang dalam Keppres RI Nomor 316 Tahun 1959.

Tanggal 2 Mei dipilih lantaran berkaitan dengan sosok yang memiliki jasa luar biasa di dunia pendidikan Indonesia, yakni Ki Hadjar Dewantara, yang lahir pada tanggal 2 Mei 1889.

Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang diselenggarakan pada setiap tanggal 2 Mei tidak semata-mata dimaksudkan untuk mengenang hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selaku Bapak Perintis Pendidikan Nasional.

Pembina upacara dipimpin langsung oleh kepala madrasah, Drs. H. Syaefudin, M.Pd. Dalam amanatnya, Pembina Upacara membacakan teks pidato Hardiknas 2024 oleh Mendikbudristek. Pidato Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim tersebut menyoroti sejumlah isu pendidikan di tanah air, diantara potongan isi pidatonya,

"Lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin gerakan Merdeka Belajar, Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh. Kita sudah berjalan menuju arah yang benar, tetapi tugas kita belum selesai. Semua yang sudah kita upayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan".

Kemudian ditutup dengan, “Selamat Hari Pendidikan Nasional. Mari terus begotong royong menyemarakkan Merdeka Belajar dan melanjutkan gerakan Merdeka Belajar.”