Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

MAN DEMAK SELENGGARAKAN UPACARA PERINGATAN HARI LAHIR PANCASILA SECARA VIRTUAL

Seluruh Civitas Akademika MAN Demak, menggelar upacara peringatan Hari Pancasila secara virtual di Aula MAN Demak Rabu pagi (01/06/2022).

Seperti yang sudah diketahui bahwa setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila sesuai dengan Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2016. Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, Pancasila merupakan ideologi Bangsa. Maknanya nilai-nilai yang ada disetiap sila-sila Pancasila dijadikan sebagai pedoman  dasar dalam keberlangsungan hidup bernegara.

Upacara di ikuti dengan hikmad, para civitas akademika menggunakan pakaian adat untuk meningkatkan rasa nasionalisme kita terhadap indonesia. Upacara  dibuka dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan dibarengi dengan pengibaran Bendera Merah Putih oleh Paskibra. Kemudian pembacaan teks Pancasila dan dilanjutkan pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di pimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo. Upacara ini dipusatkan di Ende, Nusa Tenggara Timur. Kabupaten Ende adalah tempat perenungan Presiden Soekarno tentang dasar negara, yang kini dikenal sebagai Pancasila.

Dalam Amanatnya Presiden Jokowi menyampaikan “pentingnya Pancasila sebagai penuntun bangsa. Hal itu dibuktikan dengan menilik sejarah bangsa terkait Pancasila. Pancasila telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian dan ini sudah dibuktikan berkali-kali dalam perjalanan sejarah bangsa”.

Jokowi kembali mengingatkan kepada masyarakat bahwa dasar negara Indonesia telah final yakni Pancasila. Terakhir, Jokowi meminta seluruh jajaran pemimpin bangsa terutama pejabat hingga tokoh untuk menjadi teladan dalam aktualisasi nilai Pancasila.

Berkaitan dengan itu, Kepala Tata Usaha MAN Demak Wakhidah mengajak seluruh civitas akademika “Nilai-nilai Pancasila harus kita hadirkan secara nyata dikehidupan kita baik dalam kegiatan sehari-hari maupun di tempat kerja. Kita tidak boleh berhenti berinovasi, berkreasi dan selalu mempunyai sifat peduli “.

Untuk itu MAN Demak sebagai lembaga pendidikan menjadikan Pancasila sebagai penguat dasar ideologi negara untuk bertindak untuk berinspirasi, berjuang sebaik-baiknya menuju cita-cita luhur bangsa.

 

Pewarta : Eri Haudushofi Mubarod, S.Pd