Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Penerimaan Mahasiswa PPL Unwahas Semarang 2022 di MAN Demak

Menindak lanjuti kerjasama bidang pendidikan yang telah terjalin, MAN Demak kembali menerima kedatangan 5 (lima) mahasiswa Program Praktik Lapangan (PPL) dari Universitas Wakhid Hasyim Semarang, pada Kamis siang (1/9), pukul 11.15 WIB, bertempat di Ruang Laboratorium Biologi madrasah. Program PPL kelima mahasiswa di MAN Demak dilaksanakan mulai 29 Agustus 2022 hingga 29 Oktober 2022, selama 2 bulan.

 

Penerimaan mahasiswa PPL Unwahas dari jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi (PJKR) siang kemarin, disambut  langsung oleh Kepala MAN demak, Drs. H. Moh Soef, M.Ag., didampingi Ka TU, Dra. Hj. Wakhidatul Fajriyah, Waka Bidang Kurikulum, Mufaid, S.Pd., Waka Bidang Sarpras, Nur Cholis, S.Pd., Waka Bidang Kesiswaan, Ahmad Sholeh, S.Pd., dan para guru pengampu bidang studi Penjasorkes MAN Demak. Penyambutan berlangsung sederhana dalam suasana akrab dan santai. Kelima mahasiswa PPL yang diterjunkan itu adalah Wahyu, Yusuf, Putri, Kholid, dan Neili.

 

Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dari Unwahas, Galuh Hendityo Wicaksono, M.Pd., berharap kerjasama MAN Demak dan Unwahas dalam pelaksanaan magang mahasiswa PPL bisa berjalan baik, bisa terus berkesinambungan, sehingga mahasiswa mendapat pengalaman berharga dari MAN Demak, dan dapat dibantu merasakan atmosfir menjadi guru yang sebenarnya.

“Pihak MAN Demak kami harapkan jangan sungkan menegur 5 mahasiswa yang kami terjunkan di sini. Karena ini juga bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, kami harapkan kelima mahasiswa yang kami tempatkan di MAN Demak mampu mengaplikasikan hasil perkuliahannya di praktik mengajar,” terang pria langsing asal Gajah Demak itu dalam sambutan pengantarnya.

Sejurus dengan yang disampaikan DPL Unwahas, Kepala MAN Demak, Drs. H. Moh Soef, M.Ag., nenuturkan penerimaan penerjunan mahasiswa PPL Unwahas di MAN Demak ini diharapkan bermanfaat, dapat berjalan sesuai rencana. Pria yang akrap disapa Pak Soef itu juga menambahkan, agar adik-adik mahasiswa yang PPL saat ini mampu mewarnai jalannya pendidikan di MAN Demak.

“Semoga semuanya berjalan sesuai yang diangan-angan dan dicita-citakan. Khususnya bagi mahasiswa  yang PPL disini, bisa saling share terkait kurikulum. Di MAN Demak saat ini ada 2 (dua) kurikulum yang diterapkan, termasuk di kurikulum PJOK. Dan, itu harus benar-benar dilaksanakan. Saya ucapkan selamat bergabung. Semoga kelak, pengalaman yang kalian dapat disini bisa bermanfaat bagi bekal kalian kedepan saat menjadi guru yang sebenarnya,” pungkas Kepala MAN Demak menutup sambutannya.

Melengkapi penjelasan Kepala MAN Demak, selanjutnya Waka Bidang Kurikulum, Mufaid, S.Pd., menegaskan sebagai guru latihan, nanti mahasiswa tetap mengikuti aturan yang berlaku di MAN Demak, kususnya menyangkut jam kedatangan dan jam kepulangan. Mengenai hal ihwal entang teknis mengajar, format nilai, dan lainnya, mahasiswa bisa mengikuti guru-guru pamong yang ada di sini.

Melengkapi pembekalan pengetahuan tentang MAN Demak kepada para mahasiswa, Waka Bidang Kesiswaan, Ahmad Sholeh, S.Pd., memaparkan bahwa di MAN Demak terdapat 36 rombongan belajar, terbagi dalam 3 jurusan, dan terdapat 2 program boarding yang menjadi kelas unggulan, yaitu kelas tahfidz dan kelas sains. Untuk kegiatan ekskul di sisi berakhir setiap harinya maksimal jam 17.00 WIB, agar ridak mengganggu aktivitas sore anak-anak boarding.

“Selaku Waka Bidang Kesiswaan, saya berpesan ke mahasiswa PPL untuk segera aktif bergabung di kesiswaan, jangan sungkan untuk ikut standby di depan menyambut kedatangan siswa di pagi hari,” pungkas Ahmad Sholeh.

Mengakhiri penyambutan penerjunan mahasiswa PPL di MAN Demak, selanjutnya disampaikan perkenalan antara mahasiswa dengan guru pamong, yang dipandu oleh Nur Cholis, S.Pd., dan ditutup dengan sesi foto bersama DPL, mahasiswa, dan para guru pamong.

-------

Warta : Supriyono, S. Pd., Staf Waka Bidang Kesiswaan MAN Demak