Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Sambut Puasa 1443 H: MAN Demak Giatkan Gebyar Syiar Ramadhan Interaktif

Sudah sepekan, MAN Demak menyelenggarakan Gebyar "Syi'ar Ramadhan Interaktif 1443 H". Mengedepankan semangat "kolektif kolegial" antara Pimpinan Madrasah, Wakil Pimpinan, Penyaji Materi, Tim Kepanitiaan, dan seluruh peserta didik, acara rencananya digelar selama 3 (tiga) pekan, mulai Selasa (5/4) kemarin hingga Selasa (26/4) mendatang.

Mengusung tema "Kuatkan Aqidah, Mantapkan Ibadah, di Bulan Penuh Berkah", Gebyar "Syi'ar Ramadhan Interaktif 1443 H" MAN Demak, diisi beragam kegiatan edukatif bernuansa Islami. Seperti Tadarus Qur'an, Kajian Ramadhan Interaktif bagi para siswa, Pengajian untuk Guru dan Karyawan, aneka perlombaan Syi'ar Ramadhan, serta penutupan giat gebyar ramadhan akan diisi perform kreatif siswa dari jurusan MIPA, IPS, dan Keagamaan.

Menurut Waka Kurikulum MAN Demak, Mufaid, S. Pd., Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pola shifting diterapkan selama bulan puasa.

"Pada pekan pertama, shift 1 siswa masuk jam 7.30 WIB. Mereka menempati kelas masing-masing, lalu melaksanakan kegiatan tadarus Qur'an, dilanjut tatap muka pembelajaran hingga pukul 10.00 WIB," tutur Mufaid.

Untuk yang shift 2, imbuh Mufaid, siswa masuk jam 9.30 WIB. Siswa putra langsung menuju Musholla, sedang siswa putri langsung ke Ruang Aula. Pada shift 2, siswa juga diwajibkan tadarus Qur'an, dilanjut Kajian Interaktif Ramadhan dengan para Nara Sumber, hingga pukul 12.00 WIB, diakhiri Sholat Dzuhur Berjamaah, baru siswa boleh pulang.

Selanjutnya, menurut Waka Kesiswaan, Ahmad Sholeh, S. Pd., untuk fungsi kontrol, setiap siswa dibekali Buku Pedoman Ramadhan, yang  mesti diisi di setiap sesi kegiatan yang telah dikerjakannya, untuk diperiksa langsung oleh guru wali kelasmasing-masing.

"Memasuki minggu ke-2 ini, shifting para siswa di-rolling. Semula yang shift 1 bergantian jadi shift 2, dengan tagihan kegiatan juga bergantian. Untuk tagihan kegiatan tadarus Qur'an, ditarget minimal 4 (empat) juz per minggu untuk masing-masing siswa," terang Ahmad Sholeh.

Kemudian, untuk minggu ke-3, lanjut Ahmad Sholeh, ramadhan di MAN Demak diisi 3 (tiga) macam kegiatan. Pertama, selama 4 (empat) hari ada pengajian khusus untuk Ibu/ Bapak Guru dan Karyawan MAN Demak bersama Nara Sumber terpilih. Dilanjutkan dengan beragam ajang lomba untuk para sisiwa. Gebyar Ramadhan akan berakhir pada 26 April 2022 mendatang.

Pembukaan Giat Ramahan 1443 H

Gebyar "Syi'ar Ramadhan Interaktif 1443 H"  dibuka langsung Kepala MAN Demak, Drs. H. Moh. Soef, M. Ag., pada Selasa pagi (5/4), pukul 10.00 WIB yang lalu.

Hadir dalam sesi pembukaan, para Wakil Kepala Madrasah, Tim Kesiswaan, Panitia Penyelenggara, Guru, Wali Kelas, Pemateri Kegiatan Ramadhan, serta seluruh siswa shift ke-2 kelas X - XI, dan segenap civitas akademik MAN Demak lainnya.

Pada sambutan pembuka Gebyar "Syi'ar Ramadhan Interaktif 1443 H", Drs. H. Moh. Soef,  M. Ag., berpesan bahwa kegiatan yang sudah dirancang kali ini merupakan majelis ilmu yang penting disimak, dan mestinya para siswa wajib mengikutinya dengan khidmad dari awal hingga akhir kegiatan ini.

"Kalian saat ini disebut murid. Dalam konteks majelis ilmu, kalian semua siswa-siswi peserta didik MAN Demak, bisa juga disebut santri. Dan selayaknya santri, kalian harus punya adab untuk selalu khidmad dan ta'dzim terhadap guru. Seperti khidmad dan ta'dzimnya para waliyulloh saat sedang berguru," jelas H. Moh. Soef penuh makna.

Usai menyampaikan wejangan, Kepala MAN Demak, Drs. H. Moh. Soef, M.Ag., kemudian secara resmi menyatakan, dengan "Bismillah", Gebyar "Syi'ar Ramadhan Interaktif 1443 H" dengan tema "Kuatkan Aqidah, Mantapkan Ibadah, di Bulan Penuh Berkah", dibuka pada Selasa (5/4) pukul 10.30 WIB, kemarin.

Inti Kegiatan Ramadhan

Menurut Ketua Panitia, Supriyono, S. Pd., inti utama diadakannya Gebyar "Syi'ar Ramadhan Interaktif 1443 H" ini untuk mengedukasi civitas academik MAN Demak. Utamanya para peserta didik yang saat ini duduk di kelas X dan Kelas  XI.

"Ramadhan diharapkan bisa menjadi momentum kebangkitan jiwa untuk siswa makin beradab dan mewujudkan kembalinya marwah institusi MAN Demak (sebagai "anak barepnya" Kemenag Kabupeten Demak), menjadi madrasah humanis ramah anak yang berbasis keunggulan akademik dan keunggulan riset," ungkap Supriyono.

Sasaran kegiatan, dikhususkan untuk mengedukasi & memulihkan kembali adab dan semangat seluruh peserta didik MAN Demak, utamanya kelas X dan kelas XI dari keinginan tubuh untuk bermalas-malasan, menjadi "pasukan rebahan" di bulan ramadhan.

Semangat Kolektif Kolegial

Untuk mewujudkan hal di atas, Waka Kesiswaan MAN Demak, Ahmad Sholeh, S. Pd., dengan semangat kolektif kolegial, bahu membahu menyusun Kepanitiaan Ramadhan. Untuk mengedukasi siswa, ditunjuklah para pemateri Ramadhan Interaktif dari kalangan internal MAN Demak.

Para Bapak dan Ibu pemateri yang ditunjuk adalah para expert di bidangnya, antara lain Drs. H. Halim Rois, H. Edy Suparso, S. Pd., M. Sc., Asmu'i, S. Ag., Zainal, Abidin, S. Ag., M. Si., Wildan Badruz Zanan, S. Pd., M. Pd. I., Maya Rochmi, S. Ag., Marliya Sholihah, S. Pd. I., Hikmatul Hakimah, S. Pd. I., dan Fyna Maziyah, S. Hum.,

Semua berharap, majlis ilmu yang sedabg dikaji pada puasa Ramadhan tahun ini membawa berkah dan rezeki berlimpah buat kita semua. Covid 19 pun hilang, sehingga proses pembelajaran dapat berjalan normal setelah idul fitri.

 

Pewarta  : Supriyono, S.Pd