Madrasah Maju Bermutu Mendunia, MAN Demak PINTAR Berakhlak Mulia
0291-681219    0895337720417

Siswa MAN Demak mengikuti Pembekalan Penggunaan Bahasa di ruang Publik oleh Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah

mandemak.sch.id – Penggunaan bahasa ruang publik sangat penting . Informasi yang didapat dari ruang publik dimaknai membangun hubungan atau korelasi antar ruang dan penguna bahasa.

Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah mengadakan Parade Wajah Bahasa Ruang Publik di MAN Demak pada Jumat - Sabtu, 21-22 Juni 2024. kegiatan digelar di aula Madrasah Aliyah Negeri Demak. Yang diikuti oleh 60 peserta didik, mereka terdiri dari kelas X dan XI yang aktif di organisasi Madrasah (OSMA), antara lain OSIS/MPK, PMR, Pramuka.

Acara ini bertujuan untuk membangun pengguna bahasa agar dapat menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar. Para peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut. Didampingi oleh tim Balai Bahasa Jawa Tengah, peserta memperoleh bekal dan pemahaman yang baik sehingga pola berbahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah dapat lebih optimal.

Dalam sambutannya, Plt. kepala MAN Demak , Ahmad Soleh, S.Pd. menyampaikan bahwa sudah sepatutnya mengutamakan penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam ruang publik.

“Bahasa sangat penting dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam ruang publik, dengan bahasa kita dapat mengetahui segalanya, termasuk cerminan perilaku manusia juga bisa ditentukan dengan penggunaan bahasa” jelasnya.

Ahmad menambahkan, mengingat madrasah adalah ruang publik sekaligus ruang penumbuh perilaku positif maka madrasah akan terus berupaya menanamkan pentingnya berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Pentingnya menanamkan kesadaran kesadaran berbahasa Indonesia yang sesuai kaidah saat ini sangat urgent. Tindak lanjut dari kegiatan ini adalah meningkatnya pola penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dalam pergaulan, media sosial, maupun dilingkungan belajar.

Sementara, Kepala Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah Dr. Syarifuddin, M.Hum, menyatakan bahwa kegiatan yang dikemas dalam bentuk Pembekalan Penggunaan Bahasa Indonesia di ruang Publik ini bertujuan untuk mengajak siswa bersikap positif dan bangga menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Para siswa yang terdiri atas civitas Madrasah tersebut diharapkan mampu menjadi agen perubahan dalam penggunaan bahasa Indonesia di ruang Publik.

Kegiatan semacam ini bertujuan untuk memberikan layanan pembelajaran yang optimal kepada peserta didik MAN Demak. Semoga pembelajaran yang dikemas dalam Bimtek kali ini akan menjadi bekal terbaik dan menjadi pembelajaran bermakna bagi peserta didik.

Demikian informasi tentang kenalkan bahasa ruang publik, Balai Bahasa Provinsi Jawa Tengah kepada peserta didik MAN Demak semoga bermanfaat.

http://psb.mandemak.sch.id/