Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Tari Gendewa Srikandi Putri Ramaikan Pawai Karnaval Peringati HUT ke- 78 RI di Demak

Demak –Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Demak ikut memeriahkan dan meramaikan pawai karnaval yang diselenggarakan oleh Pemerintah Demak dalam rangka peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia tahun 2023.  Pawai dilaksanakan pada hari Sabtu, (19/8) pukul 07.30 WIB dengan start dari kawasan pecinan. Adapun rute pawai adalah depan toko Hartono, depan Pasar Bintoro, Kodim, Polres lama, Dinas Sosial dan berakhir di perempatan Makan Pahlawan di Jalan Pemuda, Demak. 

Keikutsertaan pasukan karnaval MAN Demak adalah sebagai wujud partisipasi dalam memperingati HUT ke-78 RII dan kebetulan lokasi madrasah juga berasa di dekat pusat kota. Hal itu disampaikan oleh Bapak Nur Cholis selalu Waka kesiswaan.

“Madrasah mengirimkan siswa-siswinya untuk ikut serta dalam pawai yang diselenggarakan oleh Pemkab Demak, sebagai wujud partisipasi sekaligus ikut memeriahkan peringatan HUT Kemerdekaan ke-78 RI tahun ini,” ujar Nur CholisDemak. 

Dalam Pawai karnaval tersebut MAN Demak yang mendapat nomor urut 24  mengusung tema ‘ Pesona Warisan Tradisi Budaya Nusantara’ dengan persembahan tari Gendewa Srikandi Putri. Tarian itu menceritakan tentang perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia dari penjajahan yang telah mengikat bangsa Indonesia selama berabad-abad. Karnaval diikuti oleh siswa-siswi dari ekstra tari, Paskibraka, dan anak-anak OSIS. 

Peserta pawai karnaval dari MAN Demak tampak antusias dan penuh semangat saat berjalan menempuh rute pawai yang telah ditentukan oleh panitia. Tak kalah semangat pula bapak dan ibu guru yang mendampingi para siswanya berpawai. 
Kontingen karnaval  MAN Demak mencapai finis sekitar pukul 10.30 WIB, seluruh peserta kembali ke pangkalan di madrasah. Walaupun melelahkan, tetapi kegiatan berlangsung lancar dan tertib dituturkan oleh Nur Cholis selalu Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN Demak yang ikut mendampingi para siswanya saat pawai.

“Alhamdulillah anak-anak antusias dan penuh semangat mengikuti karnaval, semua berjalan lancar dan tertib, sambutan masyarakat sangat baik, sedikit lelah, tetapi  terasa gembira,” ujar Nur Cholis. 

Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia identik dengan perayaan meriah di mana-mana. Seperti halnya peringatan HUT kemerdekaan tahun 2023 ini, kemeriahan dan keceriaan tak terkecuali ikut mewarnai MAN Demak (Pewarta Sulistyowati, S. Pd)