Madrasah Maju Bermutu Mendunia, MAN Demak PINTAR Berakhlak Mulia
0291-681219    0895337720417

Upacara Hari Kesaktian Pancasila MAN Demak

mandemak.sch.id - Pancasila merupakan dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila bukan hanya sebuah narasi belaka melainkan prestasi yang dimiliki oleh Negara Indonesia. Dalam rangka memperingati hari kesaktian Pancasila, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Demak melaksanakan upacara bendera sebagaimana yang dilakukan oleh instansi-instansi yang lain.

Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Demak menggelar upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila 2024 jatuh pada Selasa (1/10/2024). Penetapan 1 Oktober sebagai Hari Kesaktian Pancasila dilakukan berdasarkan SK Nomor 153 Tahun 1967 yang diterbitkan Presiden Soeharto pada 27 September 1967.

Sebagai wujud nasionalisme, Warga Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Demak mengikuti upacara bendera di lapangan BKM Masjid Agung Demak Jl. Diponegoro No. 27 Wonosalam Demak.

Upacara peringatan hari kesaktian Pancasila diikuti seluruh peserta didik, Bapak/Ibu Guru, Karyawan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Demak. Yang bertindak langsung sebagai inspektur upacara kepala madrasah Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Demak H. Nur Kamsan, S.Ag.,M.Pd. sedangkan petugas lainnya seperti Pembaca Pembukaan UUD 1945, Pemimpin Upacara oleh petugas paskibra Bricmade MAN Demak.

H. Nur Kamsan, S.Ag., M.Pd. dalam prolognya, sebelum membacakan ikrar dari ketua DPR RI Puan Maharani, 

"Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh peserta upacara baik Guru, Karyawan, siswa atas antusiasmenya dalam mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila. Upacara ini merupakan salah satu bentuk kecintaan terhadap Pancasila. Semoga dengan pelaksanaan Upacara pada hari ini akan lebih mengikat persatuan dan kesatuan Bangsa Indonesia," tutur kamsan.

Upacara berlangsung dengan khidmad dan sangat tertib. Selamat Hari Lahir Pancasila semoga kita semua menjadi warga Negara Indonesia yang beridelogi Pancasila.