Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di MA Negeri Demak

Demak – MA Negeri Demak melaksanakan  Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Rabu (20/12/2023) di aula MAN Demak dengan Tema “Membentuk Guru Berkualitas yang siap mengantarkan Peserta Didik dalam Menyongsong Generasi Emas 2045”.

Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di MA Negeri Demak dilaksanakan agar para guru dapat mempersiapkan diri lebih dalam melaksanakan kurikulum merdeka. Selain itu, dengan adanya kurikulum ini diharapkan bisa membuat peserta didik mengenali minat dan bakatnya.

Pada kegiatan ini dihadiri oleh , Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak, H. Afief Mundzir, S.Ag.,M.SI., Pengawas madrasah Kabupaten Demak, Drs. H. Ali Muqoddas, M.Ag, Kepala MAN Demak, Drs. H. Syaefudin, M.Pd.

Kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 20-21 Desember 2023. Hadir sebagai pemateri atau narasumber Kurikulum Merdeka, Dr. Ameliasari Tauresia Kesuma , SE., M.Pd. (Waka Humas MAN Salatiga).

Peserta pada kegiatan tersebut adalah semua Kepala MA, dan seluruh Bapak/Ibu Guru se-KKM MA 02 (MA Negeri Demak). Acara dibuka dengan pembukaan oleh pembawa acara, Ika Ani Sulistyowati, S.Pd.,M.Si. dan dilanjutkan dengan do'a oleh Khoiri, S.Ag, M.Pd. Setelah itu, sambutan dari kepala Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak, H. Afief Mundzir, S.Ag.,M.SI. “Dalam menghadapi perubahan tantangan zaman, termasuk dalam menyikapi perubahan kurikulum, kurikulum merdeka harus diterapkan di semua satuan pendidikan, mau tidak mau, suka tidak suka harus dilaksanakan pada tahun 2024. Semoga para peserta dapat mengambil ilmu dari pemateri dan mengikuti dengan seksama ”, ungkapnya. 

Kemudian masuk pada acara inti sebagai moderator dalam kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) Muhammad Taufik, S.PdI. Salah satu upaya madrasah dalam menyambut Kurikulum merdeka ini adalah dengan diadakannya kegiatan Workshop Implementasi Kurikulum Merdeka.

IKM merupakan sebuah transformasi, penambal kekurangan dari kurikulum-kurikulum sebelumnya, diharapkan dengan adanya workshop ini semua Madrasah yang tergabung dalam KKM MA Negeri Demak dapat menerapkan Kurikulum Merdeka dengan baik.