Visi :
“Terwujudnya Generasi yang Saleh, Salihah, Cerdas , Terampil dalam teknologi, Berprestasi dan Berwawasan ekoteologi“
Indikator Visi :
-
Terselenggaranya pembiasaan yang islami di madrasah
-
Terwujudnya sifat yang terpuji
-
Terselenggaranya proses pembelajaran secara efektif dan efesien
-
Terwujudnya pengembangan kurikulum sesuai standar isi pendidikan nasional
- Terwujudnyanya lulusan yang memiliki kompetensi sesuai standar nasional
- Terwujudnya pengembangan dan insersi kurikukum berbasis cinta kemanusiaan dan penghargaan terhadap perbedaan di lingkungan MAN Demak
-
Terwujudnya lulusan yang mampu dan menguasai penggunaan teknologi informatika
-
Terwujudnya generasi yang mampu menerapkan teknologi sebagai bahan kajian atau hidup mandiri
-
Terselenggaranya kegiatan keterampilan lokal, dan global
-
Terwujudnya generasi yang mendominasi kejuaraan di berbagai bidang lomba/kompetisi, baik akademik maupun nonakademik
-
Terwujudnya generasi yang berhasil melanjutkan ke perguruan tinggi
-
Terwujudnya pengelolaan medrasah sesuai menajemen berbasis madrasah
-
Terserapnya sumber dana dan daya dukung pendanaan madrasah secara optimal
-
Terwujudnya nilai-nilai agama Islam yang berkaitan dengan lingkungan hidup
-
Terintegrasinya konsep ekologis dalam pembelajaran dan kegiatan madrasah
-
Terwujudnya seluruh masyarakat akademik MAN Demak yang mampu menjaga lingkungan madrasah agar selalu bersih, rapi, dan indah
-
Terwujudnya kesadaran lingkungan secara intensif dan kolaboratif yang melibatkan seluruh masyarakat akademik MAN Demak dengan pihak/instansi luar
Misi :
- Menciptakan kehidupan religius di lingkungan madrasah dengan bercirikan perilaku rajin beribadah, rajin belajar, ikhlas, dan mandiri.
- Menumbuhkembangkan sikap moderasi beragama
- Melakukan penguatan karakter yang terpuji
- Membimbing peserta didik agar mampu mengaktualisasikan diri dalam masyarakat
- Menjadikan madrasah sebagai pusat transformasi IMTAQ dan IPTEK
- Menerapkan green building untuk sarana prasana pendidikan
- Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas menggunakan pendekatan pembelajaran aktif secara disiplin dan berwawasan lingkungan
- Memiliki kurikulum berdiferensiasi yang berbasis cinta, terukur
- Meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi
- Mampu mengintegrasikan teknologi dalam kehidupan sehari-hari
- Mampu memecahkan masalah dan mampu beradaptasi dengan perubahan teknologi
- Mengoptimalkan pembelajaran dan penggunaan sarana dan prasarana pendidikan.
- Mengembangkan strategi kompetitif yang positif di lingkungan madrasah baik antarsiswa maupun tenaga edukatif secara demokratis dan terbuka
- Menjadikan Madrasah sebagai pilihan utama masyarakat sekitar khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya.
- Mengembangkan kreativitas
- Mengintegrasikan konsep ekoteologis dalam pembelajaran dan kegiatan madrasah
Tujuan Madrasah
- Melaksanakan pembiasaan yang bersifat islami meliputi membaca al-qur’an, hafalan, ibadah, dan doa sehari-hari
- Melaksanakan kegiatan pembinaan karakter siswa, terkait dengan sikap moderasi beragama
- Melakukan pendampingan dengan pola asah, asih dan asuh
- Menghasilkan lulusan yang memiliki karakter terpuji
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengaktualisasikan dalam masyarakat
- Mempertahankan persentase kelulusan 100 % di setiap tahun
- Menciptakan lingkungan belajar yang kondusif
- Meningkatkan profesionalisme guru
- Secara demokratis mengembangkan potensi akademik, minat, bakat siswa melalui layanan bimbingan konseling dan kegiatan ekstrakurikuler
- Meningkatkan persentase lulusan yang diterima ke jenjang pendidikan lebih tinggi
- Memberikan layanan keagamaan yang mudah, cepat dan efisien
- Menyajikan beragam informasi dalam satu layanan data
- Menerapkan manajemen talenta, sistem merit, dan reformasi birokrasi
- Meningkatkan kemampuan siswa dalam menggunakan teknologi
- Meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah
- Meningkatkan peringkat madrasah ditingkat Kabupaten hingga nasional
- Meningkatkan dan mengembangkan media pembelajaran
- Meningkatkan kompetensi Guru dan Tenaga kependidikan
- Meningkatkan kedisiplinan
- Mengembangkan sarana laboratorium dan sarana ibadah
- Meningkatkan perolehan kejuaraan lomba akademik dan nonakademik di berbagai tingkatan
- Memasukkan isu-isu lingkungan dalam mata pelajaran agama
- Mengaitkan konsep ekoteologi dalam mata pelajaran umum
- Menerapkan prinsip-prinsip bangunan hijau dalam desain dan pengelolaan madrasah
- Menciptakan lingkungan madrasah yang bersih, sehat, dan asri, dengan menjaga kebersihan, keindahan, dan ketersediaan fasilitas yang mendukung kegiatan ekologi.
- Menyusun kebijakan yang mendukung kegiatan ekologi.
- Meningkatkan perilaku yang lebih peduli terhadap lingkungan
Target Madrasah
- Peserta didik mampu mengaplikasikan pembiasaan baik di dalam kehidupan sehari-hari..
- Peserta didik mampu membaca dan menghafal Al-qur’an dengan baik dan benar
- Peserta didik dapat membiasakan untuk melaksanakan salat berjamaah
- Peserta didik memenuhi 8 profil lulusan
- Peserta didik dapat bersosialisasi di masyarakat
- Peserta didik lulus 100%
- Peserta didik dapat belajar dengan lingkungan yang nyaman
- Peserta didik memiliki prestasi akademik dan nonakademikyang bagus
- Peserta didik mampu menjadi juara di berbagai ajang lomba
- Peserta didik/lulusan MAN Demak banyak yang diterima di Perguruan tinggi
- Peserta didik mendapatkan kemudahan layanan dalam berbagai akses
- Peserta didik bijak dalam penggunaan medsos
- Peserta didik mampu memanfaatkan teknologi untuk menambah wawasan
- Peserta didik dapat menggunakan teknologi untuk memcahkan masalah dan meaningkatkan kemampuan berpikir kritis
- Peserta didik memperoleh prestasi akademik dan nonakademik yang optimal
- Lulusan MAN Demak diterima di perguruan tinggi berkualitas baik di dalam negeri maupun di luar negeri lebih dari 80%
- Peserta didik mampu memperoleh peringkat /juara baik di tingkat Kabupaten hingga internasional dari berbagai ajang lomba
- Peserta didik mampu mengimplementasikan nilai-nilai agama
- Peserta didik mempunyai pemahaman konkret antara ilmu pengetahuan dengan penjagaan lingkungan
- Peserta didik mampu menyelesaikan masalah terkait dengan lingkungan hidup
- Peserta didik memiliki kesadaran yang tinggi tentang pentingnya menjaga lingkungan dan berperilaku ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari
- Peserta didik mempunyai rasa bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan dan mengambil tindakan nyata untuk menjaga lingkungan