Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

403 Siswa Kelas XII MAN Demak Mengikuti ABM 2023 untuk Gali Potensi

Demak-MAN Demak hari perdana menyelenggarakan Asesmen Bakat dan Minat (ABM) di 2 ruang Laboratorium Komputer MAN Demak, Senin (20/11/2023). 

Pelaksanaan Asesmen Bakat Minat (ABM) akan berlangsung selama 3 hari, pada tanggal 20-23 November 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 403 siswa kelas XII, Jurusan IPA, IPS, dan Agama. Pelaksanaan ABM dibagi menjadi dua  sesi, yakni  sesi 1 dilaksanakan mulai pukul 07.30 sampai 10.00 sedangkan sesi kedua dimulai pukul 10.30 sampai 13.00,
setiap sesi diisi 30 siswa per ruangan. 

Kepala MAN Demak, Syaefudin, M.Pd., memberikan pernyataan tentang pentingnya ABM dalam pemilihan program studi di perguruan tinggi serta keberlanjutan studi para siswa. “Asesmen Bakat Minat akan membantu siswa memberikan gambaran tentang bakat dan minat masing-masing siswa, baik untuk melanjutkan di jenjang pendidikan yang lebih tinggi atau pun untuk memasuki dunia kerja. Hasil Asesmen Bakat Minat akan valid dan bermanfaat apabila setiap peserta didik MAN Demak mengerjakan dengan penuh kejujuran  karena yang akan dihasilkan dari tes tersebut adalah gambaran diri masing-masing peserta,” ujarnya.

Ahmad Sholeh, S. Pd selaku waka kurikulum MAN Demak juga mengatakan, Asesmen Bakat dan Minat merupakan tes mengukur potensi seseorang yang dirancang untuk memprediksi kemampuannya pada bidang-bidang khusus, serta minat seseorang berdasarkan ketertarikannya pada suatu jenis kegiatan atau pekerjaan tertentu.

“Aspek yang diukur dalam tes bakat minat ini terdiri atas kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, spasial, mekanik, klerikal, dan penggunaan bahasa serta dilengkapi dengan tes minat,” jelas Sholeh. 

Kegiatan asesmen bakat dan minat (ABM) yang diperuntukan untuk semua siswa kelas XII jenjang SMA, SMK, dan MA ini nantinya setiap peserta asesmen bakat dan minat akan mendapatkan laporan individu hasil asesmen.(Pewarta Sulistyowati, S.Pd)