Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Apel HAB Kemenag ke-78 Tingkat Kabupaten dipusatkan di MAN Demak

Demak - Kemenag Demak adakan Apel Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-78 di lapangan MAN Demak, dihadiri lebih dari  900 ASN.

Sebagai Pembina Apel dipimpin langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak, H.M. Afief Mundzir, S.Ag., M.SI. 

Dalam sambutannya, Kankemenag membacakan Sambutan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas dibacakan dengan penuh semangat.

Melalui berbagai program reguler dan Tujuh Program Prioritas Kementerian Agama, kita terus bekerja keras melaksanakan tugas-tugas yang dimandatkan kepada kita semua. Penguatan Moderasi Beragama, Transformasi Digital, Revitalisasi KUA, Kemandirian Pesantren, Cyber Islamic University, Religiousity Index, Tahun Kerukunan Umat Beragama adalah ikhtiar dalam memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat.

Hadirin, peserta apel yang berbahagia, Pada momentum HAB ke-78 Kementerian Agama ini, saya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kita kepada seluruh umat beragama. Indonesia Hebat Bersama Umat adalah tema yang kita usung pada HAB ke-78 ini. Ini bermakna bahwa kita harus membersamai umat untuk menuju Indonesia yang hebat. Wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama.

Oleh karena itu, mari kita wujudkan birokrasi yang melayani. Kita layani umat dengan senang hati, riang gembira, dan penuh pengabdian. Jadikan pelayanan umat ini sebagai “panggilan hati”, bukan semata kewajiban birokrasi. Jika pelayanan umat ini dilandasi sebagai panggilan hati, maka saya yakin dan percaya akan terwujud birokrasi yang inklusif, transparan, dan berdampak. Kita akan betul-betul bersama umat, yang berujung pada Indonesia Hebat.   

Selamat memperingati Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama. Semoga Kementerian Agama terus jaya, serta menjadi oase dan pelayanan umat yang terbaik.

Tema yang diusung dalam Apel HAB Kemenag ke-78 adalah Indonesia Kuat Bersama Umat, namun para peserta memamerkan solidaritas dengan mengenakan kaos berwarna berbeda yang sesuai dengan instansi atau Satuan Kerjanya masing-masing.

Kaos yang beraneka waena dipadukan dengan bawahan hitam serta sepatu dan hijab berwarna hitam. Kaos memiliki tulisan khusus berupa Logo HAB Kemenag ke-78 Tahun beserta moto "Indonesia Hebat Bersama Umat."

Acara dimulai tepat pukul 07.30 dan berakhir pada pukul 08.30, memperlihatkan komitmen ASN Kementerian Agama dalam merayakan hari yang istimewa ini dengan penuh semangat dan kebersamaan.

Hal ini merupakan langkah konkret dalam mendukung kegiatan amal serta upaya pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan keagamaan.

Puncak acara diisi dengan penampilan tari Saman dari siswi MAN Demak, dan pertunjukan musik yang bertajuk rumah kita yang dinyanyikan siswa MI Sultan Fattah Demak berkolaborasi dengan tari kolosal dari siswi MTsN 3 Demak, dilanjutkan pemberian hadiah lomba dalam rangka HAB Kemenag Kabupaten Demak 

Lomba-lomba tersebut melibatkan berbagai bidang seperti Seni, Keterampilan, dan Olahraga antar instansi atau Satuan Kerja di lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Demak.

Inisiatif ini tidak hanya memupuk semangat kompetisi yang sehat, tetapi juga memperlihatkan kreativitas serta potensi yang dimiliki oleh ASN Kemenag.

Keberhasilan acara ini tidak hanya tercermin dari kehadiran yang masif dari ASN, namun juga dari atmosfer kebersamaan yang tercipta. Suasana penuh semangat, solidaritas, dan kekompakan menjadi ciri khas dari Apel HAB Kemenag ke-78 tahun ini

Terlepas dari kegiatan formal, momen ini juga menjadi kesempatan bagi para peserta untuk mempererat hubungan sosial antar sesama ASN.