Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Bingkisan Istimewa Jelang Lebaran:  97 siswa MAN Demak Diterima PTN Jalur Prestasi

Kabar gembira laksana bingkisan lebaran istimewa dirasakan seluruh civitas akademik MAN Demak. Pasalnya, Tahun Akademik 2022/2023 ini, sebanyak 97 siswa kelas XII diterima dan terserap masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) jalur prestasi.

Menanggapi kabar gembira itu, Kepala MAN Demak, Drs. H. Moh Soef, M. Ag., menyatakan rasa bangga dan gembiranya atas capaian siswa MAN Demak, yang dapat masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tahun ini, tanpa tes. 

Jumlah 97 yang diterima kali ini, tutur H. Moh Soef, merupakan capaian tertinggi yang pernah diraih MAN Demak, dan kali ini melampaui capaian dari tahun-tahun sebelumnya.

"Jangan sampai nanti siswa kelas XII yang telah dinyatakan diterima di PTN lewat jalur prestasi, undur diri ditengan jalan. Ini bisa menjadi catatan buruk dari PTN ke madrasah kita, dan berdampak tidak bagus pada adik-adik kelasnya ke depan," pesan H. Moh Soef.

Menurut keterangan yang pewarta himpun dari Waka Bidang Bidang Kesiswaan, Ahmad Sholeh, S. Pd., dan Waka Bidang Bidang Kurikulum MAN Demak, Mufaid, S. Pd.,dari jumlah 97 siswa yang terserap di Perguruan Tinggi Negeri, rinciannya sebanyak 45 siswa diterima melalui jalur SNMPTN, 48 siswa lewat jalur SPAN-PTKIN, dan 4 siswa melalui SNMPN. 

Persebaran Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang dimasuki siswa kelas XII MAN Demak tahun 2022 ini, sebanyak 5 (lima) siswa masuk di Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang, 11 (sebelas) siswa di Universitas Negeri Semarang (UNNES), 2 (dua) di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), 1 (satu) di UPN Veteran Yogyakarta, 5 (lima) di UNSOED Purwokerto, 8 (delapan) di UNTIDAR Magelang, 7 (tujuh) di POLINES Semarang, 1 (satu) di UIN Jakarta, 1 (satu) di UIN Yogyakarta, 33 (tiga puluh tiga) di UIN Semarang, 3 (tiga) di UIN Surakarta, 8 (delapan) di IAIN Salatiga, 11 (sebelas) di IAIN Kudus, dan 1 (satu) siswa diterima di POLITEKNIK ELEKTRONIKA NEGERI Surabaya.

Proses Tidak Mengkhianati Hasil

Menurut Wakabid Kurikulum, Mufaid, S. Pd., MAN Demak selama ini membuka 3 (tiga) jurusan, yaitu MIPA, IPS, dan Keagamaan.  

"Dari ketiga jurusan itu, kami secara khusus membuka 2 (dua) program kelas unggulan dan 1 (satu) program kelas reguler. Pertama, kelas unggulan Bilingual Science Class (BSC). Kedua, kelas unggulan Islamic Boarding School (IBS) atau lebih dikenal klas unggulan tahfidz. Ketiga, kelas reguler," jelas Mufaid.

Masih menurut Mufaid, karena karakteristik kelasnya memang khusus, maka untuk program unggulan BSC maupun IBS kelas X, XI, XII, kami tempatkan di jurusan MIPA 1, 2, 3, 4. Selebihnya, berada di kelas MIPA, IPS, dan Keagamaan reguler.

"Alhamdulillah, tahun ini, berkat kerjasama yang solid Kurikulum dengan Kesiswaan, yang seiring sejalan kerja tim menggandeng Ketua Program Unggulan, Bimbingan Karier, Wali Kelas, serta berkesinambungan dengan prestasi dan hasil eligible para siswa di setiap jurusan, terwujudlah tahun ini, sebanyak 97 siswa kelas XII MAN Demak, diterima masuk PTN lewat jalur prestasi," pungkas Mufaid, yang menurut para alumni '97, dimasa mudanya dulu sebagai guru di MAN Demak, ganteng mirip artis sinetron Steve Imanuel.

Sejalan dengan apa yang dituturkan oleh Mufaid, Waka Bidang Kesiswaan, Ahmad Sholeh, S. Pd., menjelaskan bahwa capaian tahun ini jelas telah melampaui angka psikologis yang sebelumnya telah kami targetkan. 

"Syukur alhamdulillah, capaian ini benar-benar menjadi paket hadiah jelang lebaran bagi kami semua, seluruh sivitas akademik MAN Demak," ungkap Ahmad Sholeh dengan senyumannya yang khas.

Pewarta: Supriyono, S. Pd (Staff Wakasis MAN Demak)