Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Deteksi dini Kesehatan di MAN Demak di wilayah Puskesmas Kecamatan Wonosalam Kabupaten Demak

Demak - MAN Demak menjadi salah satu tujuan program pemeriksaan kesehatan deteksi dini Penyakit Tidak Menular. Deteksi dini merupakan cara untuk menemukan secara awal adanya kemungkinan seseorang terkena Penyakit Tidak Menular. 

Sasaran program Pemeriksaan Kesehatan Deteksi Dini yang dilaksanakan (14/8//2023) di Madrasah Aliyah Negeri Demak ini adalah semua siswa baru MAN Demak oleh Puskesmas Wonosalam II ini adalah siswa baru yang berusia ≥15 tahun yang memiliki atau tidak memiliki faktor risiko.

Dewasa ini, risiko penyakit tidak menular sudah mengenai kaum remaja, oleh karena itu deteksi dini diselenggarakan dan dikembangkan di sekolah- sekolah atau madrasah. 

Nanik Esti Wulandari, S. Pd, M. Pd. guru Biologi MAN Demak dan juga sebagai pembina PMR mengungkapkan, " kegiatan ini sasarannya adalah untuk siswa baru, adapun sarana penunjang seperti ruangan, meja dan kursi disediakan oleh pihak madrasah sedangkan peralatan medisnya disediakan oleh Puskesmas Wonosalam II". tandasnya

Dalam penyelenggaraannya Pemeriksaa kesehatan pada murid baru (deteksi dini) meliputi :
- Pemeriksaan kesehatan umum, 
- Pemeriksaan Status gizi anak, 
- Pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut
- Penyuluhan kesehatan NAPZA dan HIV AIDS
- Penyuluhan tentang anomi
- Pemberian Tablet tambah darah pada remaja putri 
- Pembinaan lingkungan sekolah sehat. 

Bu Nanik menambahkan, Di masa mendatang kami berharap kegiatan rutin setiap tahun pelajaran baru di madrasah . Utamanya mengintegrasikan  program UKS dengan Puskesmas yang lebih baik.