Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Empat Guru Penjasorkes MAN Demak Mengikuti Pelatihan Jr.NBA Coach Academy di GOR Sritex Solo

Pewarta: Supriyono (Staf Wakasis MAN Demak)

 

Salam Olahraga!

Empat personil guru mata pelajaran penjasorkes MAN Demak, Kamis pagi (15/9), mulai pukul 7.30 WIB, mengikuti kegiatan Pelatihan Jr-NBA Coach Academy - On Ground MORA Jateng di GOR Sritex Solo, Jawa Tengah. Keempat guru tersebut Drs. H. Setyo Budi Wibowo, Nur Cholis, S.Pd., Supriyono, S.Pd., dan Luqman Hakim, S.Pd.,

 

Pelatihan yang diinisiasi oleh Agency Perwakilan NBA untuk Indonesia, bekerja sama dengan Kemenag Provinsi Jawa Tengah ini, diikuti 2.000 orang guru bidang studi pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan dari semua jenjang madrasah se-Jawa Tengah. Tetap bersemangat mengikuti acara dari awal sampai selesai menjadi pesan utama yang disampaikan oleh panitia penyelenggara di awal sesi pembukaan pelatihan ini.

 

"Meski basket bukan hal baru, setidaknya anda semua para guru pasti akan menemukal hal-hal baru dalam pelatihan hari ini," ujar Ketua Panitia.

 

Hadir pada acara Jr.NBA pagi ini, Coach Noel yang menjadi pemandu acara bersama Coach Carlos sebagai pengisi utama materi pelatihan, Coach Natalia yang mengulas tentang kurikulum Jr.NBA, serta hadir pula pemain veteran NBA dengan tinggi badan 213 cm, yang sudah 17 th aktif di NBA, Aston Liston.

 

Khusus untuk guru Penjasorkes dari Kelompok Kerja Madrasah (KKM) Kabupaten Demak, mendapat jatah quota 100 orang peserta, terdiri 20 guru KKM Madrasah Ibtidaiyah (MI), 30 guru Madrasah Tsanawiyah (MTs), 15 guru KKM Madrasah Aliyah (MA) Wilayah 1, 15 guru KKM MA Wilayah 2, 10 guru KKM MA Wilayah 3, dan 10 guru KKM MA Wilayah 4. Dari semua quota itu, 4 peserta berasal dari guru Penjasorkes Satuan Kerja MAN Demak.

 

Pelatihan Jr.NBA hari ini, menurut keterangan, terbagi dalam 2 sesi, sesi pagi dan sesi siang. Untuk sesi pagi diawali Pengantar Jr.NBA, Pengenalan Struktur Kurikulum Jr.NBA, Warming-Up, Tecnical Footwork, Ball Handling, Shoot Ball on Terget, Marketing Activity, dan ditutup Lunch Break. Selanjutnya, untuk sesi siang, direncanakan lebih pada penerapan praktis permainan bola basket di lapangan & bagaimana penerapannya dalam pembelajaran di sekolah.

 

Pelatiahan basket Jr.NBA merupakan tindak lanjut Surat Kakanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah dan Surat Agency Perwakilan NBA untuk Indonesia

 

Jalannya Pelatihan Jr.NBA

 

Menurut keterangan panitia, peserta yang mengikuti pelatihan Jr.NBA harus mendapat rekomendasi dari Ketua KKM dan terdaftar di Seksi Pendidikan Madrasah, maksimal 5 September 2022. Peserta juga harus dalam kondisi sehat, tidak bergejala covid-19, mematuhi disiplin prokes Covid-19.

 

Mengenai jalannya pelatihan di GOR Sritex Solo, dimulai pukul 07.30 WIB, peserta berpakaian olahraga, melakukan presensi ulang, dan wajib membawa waiver yang diisi lengkap dilampiri salinan KTP, disertai pengumpulan SPPD di pintu gerbang depan GOR. Saat Registrasi Ulang, tiap peserta di cek kecocokan datanya dengan gform dan Website untuk memastikan datanya valid. Selanjutnya, peserta masuk GOR Sritex dan mengikuti program hingga selesai.

 

Satu hal, menurut Coach Carlos, bahwa yang perlu diperhatikan dalam membelajarkan bola basket di sekolah dan pembelajaran aktifitas jasmani pada umumnya adalah penanaman filosofinya.

"Ada 4 filosofi dasar yang mesti harus diinternalisasi ke dalam setiap jiwa peserta didik saat kita memberikan pembelajaran, yaitu STAR. Dimana S (Sikap sportif), T (Tim Work), A (Attitude), dan R (Respect).. Nilai-nilai itu yang akan membuat anak didik kita menjadi individu yang utuh," jelas Coach Carlos memulai sesi pelatihannya.