Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Halal Bi Halal MAN Demak 1444 H

Keluarga Besar MA Negeri Demak mengadakan Halal BI Halal dalam rangka Hari Raya idul Fitri 1444 H di Purwodadi (28/4). Giat yang diselenggarakan di kediaman Kepala MA Negeri Demak, Drs. Moh. Soef, M. Ag, berlangsung mulai pukul 13.30 WIB hingga selesai.

Halal bihalal kali ini dihadiri oleh pengawas madrasah, segenap komite madrasah, para waka madrasah, para guru, dan pegawai MAN Demak. Acara dibuka pembacaan tahlil oleh Ust. Choiri, M. Pd, dilanjut sambutan oleh Ust. Zainal Abidin, M. Si., mewakili seluruh guru dan pegawai yang berkunjung ke kediaman kepala madrasah.

Saling meminta untuk dihalalkan, saling merelakan untuk memaafkan, merupakan inti sari dari yang disampaikan oleh Ust. Zainan Abidin.

"Ada hal yang sekiranya perlu dimaknai ulang perihal ucapan minal Aidin wali faizin yang perlu dibenahi saat ini, agar tidak menjadi salah kaprah. Dan ini menjadi tugas guru bahasa Arab untuk meluruskannya, terutama kepada para peserta didik MAN Demak," pungkas guru bahasa Inggris tersebut mengakhiri sambutannya.

Selanjutnya, kepala madrasah, Drs, Moh Soef, M. Ag., dalam sambutannya menyampaikan kesadaran dirinya, jika menjadi pimpinan menjadi tempat untuk rasan-rasan.

"Dalam momen halal BI halal ini, segala perlu dikembalikan ke titik awal, tidak ada hal yang perlu dirisaukan. Yang penting selanjutnya adalah semangat untuk man jadda wa jadda," jelas Kepala Madrasah 

Jika telah terjadi halal- halalan, menurut H. Moh Soef, selanjutnya  untuk bisa saling menjaga.

Secara khusus, H. Moh Soef juga menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh hadirin, jika ada hal-hal yang bersifat pribadi yang mungkin kurang berkenan di hati.

"Semoga hadirin berkenan dalam bersilaturahim di tempat kami, dalam rangka halal BI halal, semoga kita menjadi hamba yang diridhoi, dan makin hari makin baik," Pungkas H. Moh Soef.

Menutup sambutan pada giat halal bi halal, disampaikan oleh Ketua Komite MAN Demak, Drs. H. Mohamad Soleh, M. Ag., mengungkap satu hal yang patut diapresiasi bersama, ketika setiap diri yang telah berinteraksi saling "berebut" untuk mengakui kesalahan dan saling bersegera untuk meminta maaf.

"Setelah momentum halal BI halal ini, semua kebaikan jangan ditunda-tunda lagi untuk diselesaikan. Termasuk 3 hal baik terkait disiplin, yaitu disiplin waktu, disiplin tempat, dan disiplin tugas," demikian H. Mohamad Soleh memberikan penegasan.

Menutup seluruh rangkaian acara halal BI halal, terpanjat doa yang dibacakan oleh Safiudin, S. Ag , M. Pd. , dan dilanjut dengan jabat tangan bersama seluruh civitas akademik madrasah.