Madrasah Maju Bermutu Mendunia, MAN Demak PINTAR Berakhlak Mulia
0291-681219    0895337720417

Hari terakhir Workshop Penguatan Kurikulum Nasional difokuskan pada Literasi

mandemak.sch.id - Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Demak melaksanakan workshop Penguatan Kurikulum Nasional. Di hari yang terakhir ini, Selasa (15/10/2024). Workshop ini diikuti oleh seluruh guru MAN Demak dan guru anggota KKM 02 Kabupaten Demak.

Pemateri dalam workshop ini adalah Hj. Nur Aini Iksan, S.Pd.,M.Sc. guru Kimia yang juga menjabat sebagai Wakamad bidang humas MAN Demak dan menjadi Tim Inti Nasional Instruktur Visitasi Pendampingan tindak lanjut hasil AKMI. Nur Aini menekankan pentingnya kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan penerapan penguatan kurikulum nasional di madrasah. Nur Aini juga berharap seluruh peserta aktif berpartisipasi dan memanfaatkan workshop ini untuk meningkatkan kualitas pendidikan di MA Negeri Demak dan KKM 02 Kabupaten Demak.

Materi refleksi kurikulum pada hari terakhir lebih dikhususkan pada refleksi Kurikulum Merdeka, difokuskan pada strategi penguatan literasi dan bimbingan teknis dalam menyusun rencana pembelajaran. Pemateri memberikan panduan praktis kepada para guru untuk menyusun rencana pembelajaran yang sesuai dengan Kurikulum Merdeka.

Kegiatan ini bertujuan untuk memastikan bahwa setiap guru mampu merancang dan melaksanakan pembelajaran yang efektif dan relevan dengan kebutuhan siswa, bisa terlibat aktif dalam diskusi dan praktek penyusunan rencana pembelajaran. Mereka mendapatkan kesempatan untuk mengembangkan rencana pembelajaran yang inovatif dan berorientasi pada pengembangan kompetensi siswa. Selain itu, pemateri memberikan umpan balik dan saran yang konstruktif untuk perbaikan dan peningkatan rencana pembelajaran yang telah disusun.

Setelah materi literasi dilanjutkan acara penutupan, acara ditutup secara resmi oleh kepala madrasah H. Nur Kamsan, S.Ag.,M.Pd. Dalam sambutan penutupan workshop ini, diharapkan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Demak dapat memulai komitmen yang tinggi untuk menyediakan pendidikan yang berkualitas dan berkeadilan bagi semua siswa. dan diharapkan para peserta untuk bisa mencapai puncak tertinggi sebagai seorang guru. Adapun kriteria guru tersebut, Midle Teacher ( guru yang datang di kelas hanya menjelaskan materi saja), Good Teacher ( guru yan mampu memberikan penjelasan lebih baik dari pada penjelasn di medsos), Excelent Teacher ( guru mampu mendemonstrasikan materi didepan anak-anak), Great Teacher (guru yang menyajikan ide-ide baru, inilah puncak tertinggi menjadi seorang guru.)

H. Nur Kamsan, S.Ag., M.Pd. menambahkan, berharap seluruh guru dapat menerapkan ilmu yang didapat dari workshop ini dan dapat dipraktekkan dalam proses pembelajaran sehari-hari," Mari kita menjadi guru yang mengasah dengan cara yang baik, melalui workshop seperti ini semoga kita menjadi guru yang semakin baik, mari kita tutup acara ini dengan ummul kitab semoga Allah SWT. selalu meridlai kita, setelah bacaan Al-fatihah ini, maka kami nyatakan ditutup." pungkasnya. (Humas MAN Demak, KEREN).