Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Karnaval Budaya “Artsantara” P5P2RA dan Perayaan HUT MAN Demak ke-28

Demak - Pesona Barisan peserta didik MAN Demak mencuri perhatian pengguna jalan saat melakukan parade karnaval budaya pada Senin (08/012024). Karnaval budaya tersebut sebagai bentuk perayaan menyambut Hari Ulang Tahun ke-28 MAN Demak yang jatuh pada tanggal 12 Januari 2024. Diikuti sekira 1.400 peserta, sebanyak 37 kontingen yang terdiri dari 36 kelas dan satu kontingen guru karyawan ikut serta memeriahkan karnaval dengan menampilkan ragam kreasi budaya Nusantara. Parade karnaval dimulai pukul 07.00 WIB. yang sebelumnya acara telah dibuka oleh Kepala MAN Demak , Drs. H. Syaefudin, M.Pd. Rute karnaval budaya yang dilaluinya dimulai dari gerbang madrasah ke arah Terminal Bintoro, melewati Jalan Sultan Fattah menuju Alun-alun sampai Perempatan Joglo, kemudian belok kiri melewati Kodim, Pendopo Kabupaten ke arah Polres Lama , lalu belok ke kiri menuju Jalan Bhayangkara Baru, melewati Kantor Kemenag, menuju Terminal Bintoro dan berakhir di madrasah.

Persiapan karnaval budaya melibatkan MPK dan OSIS diputuskan setiap kelas diundi untuk mengenakan kostum dan atribut yang telah ditentukan. Setiap kelas mengusung subtema yang berbeda-beda. Intinya mengangkat busana adat Nusantara, ada Jawa, Bali, Papua, Betawi, Madura dan sebagainya. Tak hanya itu, setiap kontingen juga membawa berbagai atribut, seperti berbagai miniatur, gunungan (hasil bumi, jajanan, botol bekas), ogoh-ogoh, dan lain sebagainya. Selain kemeriahan kostum dan atribut, juga dimeriahkan Marchingband Dadung Awuk dari Banser Wonosari Bonang Demak dan menampilkan Barongsai Singa Liar Lokajaya atau koreo selama perjalanan karnaval. Bahkan, guru dan karyawan tidak kalah antusias mengenakan busana adat Jawa Tengah. Selepas karnaval, setiap kontingen bergantian menampilkan pertunjukan seni yang luar biasa (display). Berbagai tarian, koreografi, serta yel-yel mereka tampilkan dengan semangat, riang dan gembira.

Melihat semangat dan antusias para peserta didik, parade karnaval budaya MAN Demak juga disertakan penilaian perkontingen dan penilaian lomba fotografi dari peserta SMP/MTs untuk mengambil gambar pada pelaksanaan karnaval berlangsung. Selain itu juga terdapat doorprise untuk peserta karnaval yang diundi setelah finish. Secara keseluruhan, parade karnaval budaya berjalan dengan lancar, sukses, dan berkesan sangat mempesona.