Madrasah Maju Bermutu Mendunia, MAN Demak PINTAR Berakhlak Mulia
0291-681219    0895337720417

Kelas BSC Mulai Jalani Orientasi

mandemak.sch.id - Memasuki tahun ajaran baru, setiap jenjang pendidikan mulai dari MI, MTs, sampai MA melakukan kegiatan Masa Orientasi Siswa Madrasah (MATSAMA). Saat ini, kegiatan tersebut sifatnya wajib bagi peserta didik baru. 

Meskipun Peserta Didik Baru kelas Bilingual Science Class (BSC) MAN Demak sudah mengikuti program MATSAMA (Masa Orientasi Siswa Madrasah) satu minggu yang lalu, kini masih mengikuti program "BSC Orientatation".

BSC Orientation sangat penting karena dapat membantu para peserta didik baru untuk beradaptasi dengan lingkungan madrasah. Dimana peserta didik akan diajak untuk mengenal sarana dan prasarana yang tersedia di madrasah, ruangan kelas, guru yang akan mengajar mereka nantinya, staf, hingga sistem pembelajaran yang diterapkan di madrasah khusunya pada kelas Billingual Science Class (BSC) dan kelas riset.

Bukan hanya itu saja, di masa orientasi, peserta didik akan menumbuhkan perilaku positif dalam membangun interaksi antar siswa serta warga madrasah lainnya. Jadi dari sini, peserta didik pun bisa bersosialisasi lebih baik dengan teman-teman baru mereka.

BSC Orientation merupakan kegiatan untuk peserta didik baru khusus kelas Billingual Science Class (BSC) atau kelas unggulan yang terdiri dari kelas X1, X2, X5, X6 MA Negeri Demak tahun ajaran 2024/2025 mulai menjalani orientasi, Senin (22/07/2024). Kegiatan ini dilakukan selama 2 hari.

"Peserta didik baru dari kelas BSC/unggulan saat ini mulai menjalani orientasi dua hari kedepan, mulai hari ini Senin 22-23 Juli 2024," kata direktur kelas BSC MA Negeri Demak.

Menurut Qoim, orientasi peserta didik kelas BSC atau unggulan itu mendapatkan orientasi khusus dan akan ditempatkan di kelas khusus BSC dan riset.

"Mereka ditempatkan di kelas khusus unggulan sains dan riset," katanya.

Orientasi kelas BSC/unggulan dilakukan melalui jalur prestasi yang diuji sesuai dengan kemampuan masing-masing, baik bidang akademik maupun bidang non-akademik, seperti kejuaraan OSN, KSM, prestasi olahraga, maupun kecakapan prestasi bidang lainnya. 

Setiap peserta didik baru jalur prestasi diwajibkan menyertakan sertifikat dan medali dari prestasi yang mereka raih di bidang masing-masing.