Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

MAN Demak Gelar Upacara Hari Pramuka Ke-62 Tahun 2023

DemakGugus Depan (Gudep) MAN Demak melaksanakan upacara peringatan Hari Pramuka Ke-62 tahun 2023. Upacaradilaksanakan di halaman madrasah, Senin (14/08/23)  dengansebagai pembina upacara, Kepala Madrasah, Drs. H. Syaefudin, M. Pd. yang juga Kamabigus ambalan Sunan Kalijaga dan NyiAgeng Serang. Kegiatan Upacara diikuti seluruh anggota Pramuka yang berpangkalan MA Negeri Demak sertaguru/pembina, Ketua Gudep dari jam 07.00 WIB-08.00 WIB.

Kamabigus, Kak Syaefudin membacakan sambutan dari KetuaKwarnas, komjen pol. (Purn) Budi Wasesa menegaskan Hari Pramuka Ke-62 tahun ini mengangkat tema "Sumber DayaManusia yang Profesional dan Proporsional". Diharapkan kitamampu membangun citra positif Gerakan Pramuka ke depan danmempersiapkan diri sebagai sumber daya manusia yang profesional dan proporsional.

Gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus untuk mendidikkarakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuandan kesatuan demi utuhnya NKRI.” tegasnya. Gerakan Pramukatelah mencapai usia 62 tahun, jelas merupakan waktu yang tidakpendek untuk membuktikan bahwa gerakan ini telahmemberikan kontribusi yang nyata dalam mencetak calonpemimpin bangsa Indonesia. Semangat itu tidak pernah pudarsampai saat ini, dan tidak boleh pudar. Karena itu Pramukaharus terus bekerja keras untuk  memberikan yang terbaik bagibangsa Indonesia.

Untuk itu, beliau mengimbau kepada siswa pentingnyapembangunan karakter bangsa menjadi fokus bangsa kita kinidan ke depan. Pembangunan sumber daya manusia harus sejalandengan pembangunan fisik, karena kunci keberhasilanpembangunan bangsa terletak pada sumber daya manusia yang berkualitas.

Pramuka hendaknya dapat mengikuti perkembangan zaman dantidak terkesan kuno dalam era komunikasi digital dewasa ini. Pramuka harus dapat menangkap fenomena ini dalam era kebebasan berkomunikasi.” tandasnya.

Ditambahkan, Pramuka harus keren, menggembirakan, mengasyikan, dan menyenangkan. Tantangan bagi para Pembina Pramuka yang harus selalu kreatif dan berinovasi dalammembina peserta didik sehingga bangga menjadi Pramuka. Begitu pula para Pelatih harus belajar terus menerus untuk dapatmengembangkan dan menerapkan teknologi pendidikan yang up to date tanpa melupakan prinsip dasar dan metode kepramukaan. Selain itu yang memiliki karakter, serta membangun bangsayang memiliki watak yang kuat, tangguh kepribadiannya, luhurbudi pekertinya

Di akhir upacara peringatan Hari Pramuka ke-62 di GudepMAN Demak melepaskan burung merpati putih yang dilakukanoleh Kamabigus MAN Demak. Sebelumnya Gudep MAN Demak juga melakukan kegiatan bakti social di lingkunganmasyarakat sekitas madrasah, yaitu membersihkan musholawarga setempat.