Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

MAN Demak laksanakan ANBK Tapel 2023/2024

MAN Demak laksanakan ANBK Tapel 2023/2024

Demak - Pelaksanaan ANBK hari pertama di MA Negeri Demak telah berjalan dengan lancar, Senin (28/08/2023). Sesuai jadwal kegiatan ini akan berlangsung 2 hari kedepan dimulai dari tanggal 28 - 29 Agustus 2023 dan diikuti sebanyak 45 peserta (45 utama dan 5 cadangan). Semua peserta merupakan perwakilan dari keseluruhan jurusan/peminatan yang ada di madrasah dan ditentukan oleh pusat. Tujuan ANBK ini sebagai penilaian terhadap mutu yang dimiliki oleh satuan pendidikan atau madrasah. 

pada hari pertama, asesmen yang diujikan materi tentang literasi dan survei karakter. Kemudian pada hari kedua, yang diujikan ialah materi numerasi dan survei lingkungan belajar. Adapun waktu pelaksanaannya dimulai pada pukul 7.30 sampai 9.30.

Kepala MAN Demak, Drs. H. Syaefudin, M.Pd., turut memantau pelaksanaan ANBK tersebut dan didampingi Waka bidang kurikulum, “Semoga, pelaksanaan ANBK hari ini dan besok tidak ada kendala yang berarti, semoga selalu lancar dan berjalan dengan baik,” harap Syaefudin.

Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kemdikbud untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. Asesmen Nasional dilaksanakan dengan 3  instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survei Karakter, dan Survei Lingkungan Belajar.

AKM adalah untuk mengukur kemampuan siswa dalam literasi membaca dan literasi matematika (numerasi). Ada pula Survei Karakter mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter para siswa. Kemudian, Survei Lingkungan Belajar mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar dan pembelajaran di kelas maupun di tingkat satuan pendidikan.