Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

MAN DEMAK Laksanakan Rapat Penyusunan Rapbm Tahun 2023

Sabtu, 29/7/2023 – Salah satu kegiatan rutin MAN Demak untuk menyambut awal tahun pelajaran adalah melaksanakan rapat RAPBM dan RKAM untuk satu tahun ke depan. Rapat perdana ini untuk menyusun Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Madrasah (RAPBM) dan Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah (RKAM) Tahun 2023. RAPBM disusun dengan maksud menjabarkan Visi, Misi, Tujuan dan Program Kegiatan madrasah ke dalam perencanaan satu tahun ke depan guna memberikan arah dalam melaksanakan program kegiatan madrasah.

 

Anggaran sebagai ukuran yang bisa menjadi patokan apakah suatu bagian unit kerja telah memenuhi target baik berupa terlaksananya aktivitas maupun terpenuhinya efisien biaya. Anggaran dapat dijadikan alat komunikasi dengan menjadikan nilai- nilai nominal yang tercantum sebagai target pencapaian.

 

Rapat Pembahasan RAPBM dan RKAM Tahun Pelajaran 2023 dilaksanakan di aula dan dibuka langsung oleh kepala MAN Demak, Drs. H. Syaefudin, M. Pd. Rapat tersebut diikuti oleh wakamad beserta staf, koordinator boarding tahfidz, koordinator BSC, koordinator Robotik dan Riset, koordinator KKO, dan guru. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan draf rencana kegiatan dan anggaran masing-masing bidang.

 

Kepala Madrasah menyampaikan bahwa penyusunan anggaran RAPABM harus dilakukan dengan trasnparan dan disesuaikan dengan perkin madrasah. “Penyusunan RAPBM, kita susun secara bersama-sama agar komponen-komponen pembiayaan nantinya dapat berguna dan bermanfaat bagi kemajuan madrasah,” tutur Pak Syaefudin. Dasar dari penyusunan anggaran mengedepankan prinsip efisien, efektif, transparan, akuntabel, terukur (kualitas dan kuantitas) dan tertib administrasi; dan berorientasi pada peningkatan mutu pembelajaran di MAN Demak.