Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

MAN Demak Rayakan Hari Batik Nasional 2023

MAN Demak rayakan Hari Batik Nasional 2023
 
Demak - Hari Batik Nasional dirayakan setiap tanggal 2 Oktober tiap tahunnya. Tahun ini jatuh di hari Senin, 2 Oktober 2023.

Banyak cara yang dilakukan dalam merayakan hari batik nasional seperti halnya dengan MAN Demak. Perayaan Hari Batik Nasional di MAN Demak dilakukan dengan memakai atau mengenakan pakaian batik nusantara yang bertujuan untuk memperingati ditetapkannya batik menjadi warisan budaya.

Sebagai Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) pada 2 Oktober 2009 oleh UNESCO.

Diharapkan dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari pejabat pemerintah, pegawai, hingga pelajar disarankan untuk mengenakan batik dalam beraktivitas.

Guna merayakan Hari Batik Nasional, MAN Demak tidak menggelar rangkaian acara khusus dengan tema tertentu, tetapi hanya mengenakan pakaian batik bagi segenap civitas akademika. 

Dengan cara ini sangat efektif untuk menampilkan beragam motif kain nusantara yang dikenakan guna mengakui budaya Indonesia.

Di berbagai daerah di Indonesia memiliki jenis motif batik tersendiri, sebagai contoh yaitu batik motif Cirebon, Banyumas, Pekalongan, dan lain-lain.

Motif yang bermacam-macam ini juga akan dipengaruhi oleh ciri khas dan makna yang ingin disampaikan dari setiap daerah.

Karena tiap motif memiliki makna dan ciri khas tersendiri, dapat dikatakan bahwa dari selembar kain batik kita bisa belajar banyak tentang seputar kehidupan dan sejarah masa lalu.

Motif pada kain batik dilahirkan berdasarkan keyakinan masyarakat dimana kain itu berasal.

Dengan demikian, para peserta didik bisa merasakan kekayaan dan keragaman batik nusantara dan menumbuh kembangkan rasa Nasionalisme.