Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Meriahkan Bulan Seni, BSC MAN Demak Gelar Karya Seni 5 Benua

Puncak peringatan Bulan Seni Program Kelas BSC, Organisasi Siswa BSC atau lebih dikenal dengan OSC Madrasah Aliyah Negeri Demak adakan pameran seni di Aula Utama madrasah. Menariknya pameran seni yang diinisiasi organisasi Siswa kelas BSC ini menampilkan berbagai karya seni peserta didik dari berbagai lini seni. Mulai dari karya seni lukis baik komtemporer, landscape, Naturalisme, juga beberapa karya busana dari bahan daur ulang, lukis di media tote bag dan juga miniatur landmark negara-negara besar di berbagai benua.

Mengambil tema karya Seni dari 5 benua, beberapa peserta didik menampilkan karya representasi dari ke 5 benua tersebut. Misal, terlihat beberapa lukisan yang menggambarkan landscape Afrika yang terkenal dengan sunsite sabana dengan binatang khas benua tersebut. Juga, beberapa karya lukis lain yang bermediakan payung, tot bag dengan lukisan mewakili benua tersebut. Kegiatan pameran seni yang diselenggarakan sejak pagi sampai sore pada rabu 1 maret ini adalah puncak dari kegiatan bulan seni yang sebelumnya sudah dimeriahkan dengan rangkaian kegiatan selama beberapa minggu terakhir. Seperti penampilan seni tari dari berbagai daerah di Nusantara yang ditampilkan oleh peserta didik kelas unggulan pada hari sabtu kemarin. Salah satu panitia sekaligus ketua OSC, Aris Maulana mengatakan pameran seni ini adalah kegiatan puncak bulan seni program kelas sains BSC yang bertujuan untuk mewadahi karya-karya teman-teman di kelas tersebut.

“Ini pertama kali diadakan di MAN Demak, dengan tujuan untuk memberi wadah bagi teman-teman untuk bisa menyalurkan hobi dan minat mereka di bidang seni. Selain itu, pameran ini juga berbasis digital. Yakni pengunjung dapat melihat penjelasan karya seni yang dipamerkan baik arti karya, cerita dibalik karya dengan mengscan kode bar yang ada di samping karya seni tersebut.” Kata Aris kepada admin Instagram MAN Demak.

Ia juga menambahkan ada sekitar 60 karya seni yang dipamerkan dalam pameran seni ini, mulai dari yang terbanyak karya lukis di media totbag, lukisan di canvas dan juga beberapa karya lain dalam bentuk miniatur Landmark dunia yang mewakili 5 benua yang ada di dunia. Selain sebagai unjuk karya, pameran ini juga disaksikan langsung oleh guru seni budaya MAN Demak yakni Bapak Romadhon dan Ibu Erlia yang sekaligus mencari karya seni terbaik yang nantinya akan mendapatkan apresiasi khusus dari Madrasah.

“Luar biasa apa yang ditampilkan oleh anak-anak kelas BSC ini. Kami kira selama ini mereka hanya pintar di bidang akademik saja, karena sering mengharumkan madrasah dalam bidang tersebut. Namun hari ini mereka juga membuktikan banyak diantara mereka yang pintar juga membuat karya yang sangat luar biasa. Tentu ini menjadi awal, dan kedepannya bisa menjadi permulaan dan inspirasi bagi teman-teman di kelas lain untuk mengadakan kegiatan serupa.” Ujar Pak Romadhon, guru muda Seni Budaya Madrasah Aliyah Negeri Demak.