Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Miliki 30 Kamar Santri, Gedung IBS MAN Demak Diresmikan

DEMAK, suaramerdeka.com - MAN Demak kini memiliki gedung empat lantai dengan 30 kamar yang akan dipakai untuk menampung seratusan santri. Gedung bernama "Darul Ilmi" Islamic Boarding School (IBS) tersebut diresmikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak, Drs H Ahmad Muhtadi MPdI, kemarin.

Peresmian gedung ditandai dengan penandatangan prasasti oleh Kepala Kankemenag Demak, Ahmad Muhtadi disaksikan para pejabat internal Kantor Kemenag Demak, Kepala MAN Demak Drs H Moh Soef MAg, Waka Bidang Kurikulum MAN Demak, Wahyu Hidayat SPd MSi dan sejumlah pengasuh pondok pesantren yang berada di lingkungan sekitar MAN.

Wahyu Hidayat menyampaikan gedung baru yang berada di dalam lingkungan MAN Jalan Diponegoro no. 27 Wonosalam, Demak tersebut akan difungsikan sebagai Pondok Tahfidz yang dikemas dengan Islamic Boarding Schook (IBS) Darul Ilmi.

Tempat ini menjadi sarana belajar yang representatif bagi peserta didik dalam menuntaskan hafalan Quran selama menempuh studi program tahfidz di MAN Demak.
Gedung yang dibangun sejak tahun 2018 dan selesai Maret 2021 itu terdiri atas 4 lantai. Di lantai satu dipergunakan untuk aula, lantai dua dan tiga untuk kamar santri dan lantai empat untuk observatorium.

Kepala MAN Demak, Moh Soef menuturkan, sebenarnya gedung IBS Darul Ilmi telah diserahkan kuncinya sejak pertengahan Maret. Namun peresmian baru dilakukan karena menunggu waktu yang tepat.

"Tentu pertimbangan utama kami lantaran selama ini masih diberlakukan PPKM, sehingga harus memenuhi protokol kesehatan yang ketat," terangnya.

Sementara itu usai peresmian, Kepala Kantor Kemenag Demak memberikan pembinaan kepada para pendidik dan tenaga kependidikan MAN Demak di ruang aula. Dia mengawali pembinaan dengan membuka sebuah pertanyaan, "Apakah Anda semua sudah menjadi guru yang inspiratif?”

Menurutnya kejadian pandemi saat ini sebenarnya merupakan tantangan sekaligus peluang. Ketersediaan sarpras tidak menjamin anak didik jadi maju, jika gurunya sendiri kurang mampu memberi inspirasi.

"Guru yang inspiratif itu mampu mendorong murid untuk memiliki kecakapan sosial," tutur Muhtadi.

artikel asli : Miliki 30 Kamar Santri, Gedung IBS MAN Demak Diresmikan