Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Pelaksanaan UKKJ Guru dan Pengawas di MAN Demak Sukses

mandemak.sch.id - Kantor Kementerian Agama (Kemenag) RI yang diwakili oleh Kasubdit JF PTP pada PAI SMP/SMPLB Wildiaji, S.Kom., M.Pd. melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terhadap pelaksanaan Uji Kompetensi Kenaikan Jabatan (UKKJ) pada tahun 2024, Demak (27/8/24). Kegiatan Uji Kompetensi Kenaikan Jabatan (UKKJ), yang berlangsung dari tanggal 26 hingga 27 Agustus 2024, melibatkan 287 peserta.

Wildiaji mengapresiasi penyelenggaraan acara yang dinilai berjalan dengan lancar dan sukses. Dalam kunjungannya, ia menyampaikan bahwa monev ini penting untuk memastikan bahwa pelaksanaan Uji Kompetensi Kenaikan Jabatan (UKKJ) pada tahun 2024 sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Para Pejabat dari Kantor Kemenag Wilayah Jawa Tengah dan Kantor Kemenag Kabupaten Demak, juga hadir untuk memberikan dukungan serta melakukan evaluasi terkait pelaksanaan UKKJ. Selain itu, Wakil Kepala Bidang Humas MAN Demak, Mufaid, S.Pd., turut memantau jalannya kegiatan untuk memastikan semuanya berjalan sesuai rencana.

Mufaid menyampaikan rasa terima kasihnya kepada segenap Pejabat Kemenag atas kunjungan dan evaluasi yang dilakukan. “Kami sangat berterima kasih atas perhatian dan dukungan yang diberikan oleh Kemenag. Kegiatan Uji Kompetensi Kenaikan Jabatan (UKKJ) pada tahun 2024 sebagai salah satu dasar peningkatan kualitas pendidikan guru dan pengawas di lingkungan Kementerian Agama ,” ujarnya.

Uji Kompetensi merupakan proses pengukuran dan penilaian terhadap kompetensi teknis, manajerial, dan sosial kultural dari pegawai aparatur sipil negara pada Jabatan Fungsional (JF) Guru, JF Pamong Belajar, JF Pengawas Madrasah dan JF Penilik. Pelaksanaan tempat Uji Kompetensi Kenaikan Jabatan (UKKJ) pada tahun 2024 yang diikuti ASN Kementerian Agama di Wilayah Kabupaten Demak, dan MAN Demak dipercaya sebagai Tempat Uji Kompetensi (TUK). 

Secara terpisah, Ahmad Soleh, S.Pd. sebagai Plt. kepala madrasah menyatakan kebanggaannya karena MAN Demak diberikan kepercayaan sebagai TUK UKKJ dan selalu siap menunjukkan komitmennya dalam mendukung kemajuan instansi Kementerian Agama. 

"Meskipun sarana prasarana belum sempurna dan masih kurang memadai, masih proses pembangunan, kami selalu siap sebagai tempat ujian berbasis komputer jika ditunjuk." terang Ahmad. 

UKKJ dilaksanakan selama 2 hari dan dimulai pada hari Senin-Selasa (26-27/08/2024) yang diikuti oleh 287 orang di Lingkungan Kementerian Agama Kabupaten Demak, berlokasi di MAN Demak. Pelaksanaan UKKJ ini didukung tim teknis gabungan dari MAN Demak dan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Demak yang bertugas memastikan bahwa semua perangkat komputer, jaringan internet, serta perangkat lunak yang digunakan dalam ujian berfungsi dengan baik. 

Para guru dan pengawas yang telah mengikuti UKKJ ini diharapkan dapat mendapatkan hasil yang sebaik-baiknya untuk menunjukkan kompetensi mereka dalam bidangnya masing-masing. 

Hasil dari UKKJ ini akan menjadi salah satu dasar dalam pengembangan karier serta peningkatan kualitas pendidikan guru dan pengawas di lingkungan Kementerian Agama. Dan MAN Demak sukses menyelenggarakan UKKJ dengan optimal.