Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) MAN Demak

Demak - Kepala madrasah sebagai orang nomor satu di madrasah mempunyai tugas yang kompleks dan tanggung jawab yang begitu besar dalam menentukan kualitas suatu madrasah. Untuk melihat kualitas suatu madrasah tentu tidak lepas dari kinerja kepala madrasah

Kinerja kepala madrasah adalah hasil kerja yang dicapai kepala madrasah dalam melaksanakan tugas pokok, fungsi, dan tanggung jawabnya dalam mengelola madrasah yang dipimpinnya. Itulah yang melatarbelakangi adanya agenda tahunan oleh Tim Kerja Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Tengah  yaitu PKKM (Penilaian Kinerja Kepala Madrasah).

Penilaian kinerja kepala madrasah merupakan proses pengumpulan, pengolahan, analisis, dan interpretasi data tentang kualitas pekerjaan kepala madrasah dalam melaksanakan tugas pokoknya sebagai kepala madrasah. Tugas pokok kepala madrasah adalah melaksanakan fungsi-fungsi manajerial dalam rangka mencapai visi, misi, dan tujuan madrasah yang dipimpinnya. Hasil penilaian kinerja kepala madrasah bermanfaat bagi Kepala Kantor Kemenag Provinsi Jawa Tengah dalam menentukan promosi, penghargaan, mutasi, dan pembinaan lebih lanjut.

Kamis (29/02/2024) Bertempat di aula MAN Demak telah dilaksanakan PKKM (Penilaian Kinerja Kepala Madrasah) yang dihadiri oleh Tim Kerja Kanwil Provinsi Jawa Tengah yaitu H. Faridi S.H.I.,  selaku penilai I yang juga Kabid Penma dan Agus Lukman., S.Pd, M.Pd. selaku penilai II. dan hadiri Kepala kantor kemenag Kabupaten Demak Afief Mundzir, S.Ag, M.SI, Kasi Penma Kankemenag kabupaten Demak Abdul Rochim, S.Ag, M.Pd., Pengawas madrasah kabupaten Demak, Drs. H. pribadi, M.Pd. dan Drs. H. Ali Muqoddas, M.Ag., serta melibatkan dua pengurus komite MAN Demak, Drs. H. mohammad Sholeh, M.Ag. dan Drs. H. Masrokan, M.Pd. 

Kegiatan diawali pembukaan oleh Master of Ceremony, Ika Ani Sulistyowati, S.Pd., M.Si, kemudian pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh siswi MAN Demak dilanjutkan menyanyikan lagi Indonesia Raya dipandu Himmatul Aliyah, S.Pd. dan kemudian dirangkai dengan ucapan selamat datang oleh kankemenag Kabupaten Demak, Afief Mundzir, S.ag., M..SI. sedangkan kata sambutan oleh Tim penilai yang diwakili oleh Kabid Penma Kanwil Kemenag Jawa Tengah, Faridi, SH.I, kemudian do'a dipimpin oleh Choiry, S.Ag.,M.Pd.

Penilaian kinerja kepala madrasah dilakukan secara menyeluruh, termasuk evaluasi terhadap manajemen madrasah, pelaksanaan kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler, serta kinerja kepala madrasah dalam memfasilitasi kebutuhan pendidikan peserta didik. PKKM dapat terlaksana secara efektif dan baik, tentu hal ini tidak terlepas dari dukungan dan komitmen yang tinggi dari semua pihak terkait, khususnya Tim Manajemen yang saling bersinergi dalam usaha meningkatkan mutu MAN Demak.

Berdasarkan penilaian hari ini, kita selaku keluarga besar MAN Demak berharap semoga penilaian PKKM yang diperoleh Drs. H. Syaefudin, M.Pd. sebagai kepala madrasah mendapatkan predikat amat baik dan berkah untuk semuanya.