Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Penilaian Kinerja Kepala MAN Demak (PKKM) dan Urgensi Kaidah Pembelajaran Abad-21 

Penilaian Kinerja Kepala Madrasah (PKKM) oleh Pejabat Penilai dari Kemenag Kabupaten Demak, Drs. H. Ali Muqoddas, M. Ag., dan Drs. H. Pribadi, M. Ag., digelar hari ini, Senin (7/3), di Ruang Aula Madrasah, mulai pukul 09.00 WIB hingga selesai. 

Kedua pejabat penilai PKKM tersebut disambut langsung oleh Kepala MAN Demak, didampingi Kepala TU, serta Tim Responden, dan Bapak/Ibu Guru. Acara penyambutan berlangsung cukup sederhana, dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. 

Dalam sambutan pengarahan, Drs. H. Ali Muqoddas, M. Ag., didampingi Drs. H. Pribadi, M. Ag., menyampaikan pentingnya penerapan kaidah-kaidah pembelajaran abad 21. 

"Kaidah pembelajaran abad 21, menuntut adanya interaksi pembelajaran yang humanis, menyenangkan, efektif, efisien, serta berbasis IT," terang Pengawas MA Wilayah Wonosalam tersebut mengawali sambutannya. 

H. Ali Muqoddas menekankan, supervisi pembelajaran yang dilakukan guru, juga penting untuk divideokan. Hal ini bermanfaat untuk mendukung publishing  MAN Demak kepada masyarakat luas, melalui kanal Youtube Madrasah. 

"Di era digital saat ini, saya ingin, kanal informasi MAN Demak perlu ditambah lagi video-video pembelajaran, sesuai kaidah-kaidah pembelajaran yang bisa dijadikan teladan. Sehingga, capaian MAN Demak, termasuk prestasi-prestasinya, juga dapat disaksikan oleh masyarakat yang membutuhkan," tutur H. Ali Muqoddas, M.Ag 

Menyinggung pelaksanaan tugas sebagai tim penilai PKKM yang diembannya saat ini, Ali Muqoddas menegaskan, MAN Demak harus bisa menjadi kebanggaan. Rasa bangga itu, dimulai dari bagaimana 3 (tiga) instrumen pembelajaran di madrasah ini dijalankan. Mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga penilaian pembelajaran. 

"Selain penekanan pada hal-hal yang telah saya sebutkan, khusus untuk penilaian kinerja tahunan Kepala MAN Demak dalam PKKM kali ini, saya ingin mengevaluasi keterlibatan 4 (empat) komponen kinerja kepala MAN Demak, mulai dari Pengembangan Madrasah, Manajerial Madrasah, Kewirausahaan, serta Supervisi Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang dijalankan," jelas H. Ali Muqodsas yang diperjelas  juga oleh H. Pribadi. M, Ag

Pada kesempatan sambutan sebelumnya, Kepala MAN Demak, Drs. H. Moh Soef, M. Ag., memaparkan nahwa PKKM merupakan bagian dari regulasi yg memang harus dijalani. 

"Kalau soal kinerja, sebenarnya hasil pekerjaan saya, ya pekerjaan penjenengan para guru semua. Rawuh beliau-beliau ini merupakan bagian dari menghalalkan dhawuh. Selain juga menambah semangat dan kebahagiaan kami, karena kami kedatangan sedulur sepuh, sekaligus sedulur sinarawedi," tutur Kepala MAN Demak. 

Selesai acara penyambutan sederhana, yang dipandu oleh Ust. Choiri, S. Ag., M. Pd., selanjutnya dipersilakan masing-masing untuk menuntaskan tanggungjawabnya dalam pelaksanaan PKKM, sesuai job diskripsi tugasnya masing-masing.

 

Pewarta: Supriyono, S. Pd.