Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

PILKAOS sebagai Wujud Impelementasi P5 Suara Demokrasi

mandemak.sch.id - MAN Demak menggelar Pemilihan Ketua OSIS Periode Tahun 2024 – 2025 pada hari ini Sabtu, (07/09/2024). Kegiatan ini merupakan implementasi P5 dikemas dengan PILKAOS (Pemilihan Ketua dan Wakil Ketua OSIS MA Negeri Demak) sebagi ajang Pesta Demokrasi yang dilaksanakan di halaman madrasah. PILKAOS diselenggarakan untuk melanjutkan kepemimpinan OSIS dikarenakan sudah habis masa bakti dari Kepemimpinan periode sebelumnya.

Sebelum pelaksanaan PILKAOS dimulai, apel perdana bersama kepala madrasah yang baru sekaligus memperkenalkan diri dihadapan warga madrasah, acara tersebut dihadiri oleh seluh peserta didik, guru, dan staf madrasah. Apel dimulai pukul 07.00 WIB dan berlangsung dengan khidmat.

Di awal sambutannya, ia menyampaikan pentingnya berdemokrasi dan ungkapan terimakasih atas dukungan  dan segenap panitia atas kerjasama dan dedikasinya untuk menyukseskan kegiatan ini.

“ Siapapun paslon yang terpilih, kita wajib mendukung mereka secara penuh. Kami percaya mereka bisa mengemban amanah ini dengan penuh tanggungjawab demi kebaikan madrasah” imbuhnya.

Kamad menambahkan, PILKAOS merupakan ajang pendidikan berdemokrasi yang sehat. Menurutnya, OSIS adalah satu satunya organisiasi resmi yang ada di madrasah untuk menyalurkan aspirasi demi kemajuan madrasah.

“ Buat para paslon yang terpilih nanti, laksanakan program yang sudah dirancang dengan penuh tanggungjawab agar dapat dirasakan dampaknya oleh semua warga madrasah” tegasnya.

Usai apel, dilanjutkan pemotongan pita secara simbolis oleh kepala madrasah sebagai tanda dimulainya pencoblosan dan dilanjutkan pelaksanaan pencoblosan perdana oleh H. Nur Kamsan, S.Ag.,M.Pd. dan diikuti para guru, karyawan, dan peserta didik.

Terdapat 3 (tiga) pasangan calon ketua OSIS yang dipilih oleh semua siswa dan guru MAN Demak. Proses pemilihannya pun hampir sama dengan yang dilaksanakan oleh KPU. Mulai dari perekrutan anggota Komisi Pemilihan sebagai penyelenggara, pengawas pemilihan, tahapan pendaftaran calon ketua, penyampaian visi dan misi, debat calon ketua dan sampai puncaknya pesta demokrasi pemilihan ketua OSIS yang menggunakan kotak suara dan kertas suara.

Satu minggu berlalu sudah. Maka tibalah saatnya pada kegiatan akhir yaitu pameran hasil karya dan asesment. Pada kegiatan pameran ini siswa menampilkan hasil kegiatan P5 mereka sejak kegiatan pertama hingga akhir tentang bagaimana peran anak muda dalam demokrasi dan peran teknologi dalam demokrasi. Kegiatan pameran ini terlaksana atas kerjasama yang baik dari semua pihak, terutama para koordinator dan fasilitator/walikelas yang telah membimbing siswanya untuk mengembangkan potensi yang dimiliki.

Kegiatan pameran ini dilaksanakan guna mengenalkan peserta didik tentang sistem demokrasi dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.  Selain itu kegiatan pameran ini bertujuan untuk melihat bagaimana strategi para peserta didik memastikan partisipasi setiap anggota kelompoknya sehingga peserta didik dapat lebih mudah menghubungkannya dengan kebebasan berpendapat dan berekspresi baik secara individu maupun kelompok.