Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Pramuka MAN Demak Laksanakan Tradisi Peneimaan Tamu Ambalan Tahun 2022

Tradisi Penerimaan Tamu Ambalan (PTA) Pramuka MAN Demak Tahun 2022 dibuka secara resmi oleh Waka Bidang Kesiswaan, Ahmad Sholeh, S. Pd., pada Jumat siang (29/7) pukul 14.00 WIB. Kegiatan tradisi PTA ini sebenarnya telah tertunda 1 tahun, karena merebaknya pandemi Covid-19.

Dalam amanatnya selaku pembina upacara PTA, Waka Bidang Kesiswaan, Ahmad Sholeh, S. Pd., menyampaikan bahwa pramuka menjadi salah satu ekstrakurikuler yang wajib diikuti seluruh peserta didik MAN Demak. 

"Tradisi PTA baru diadakan untuk kelas XI lantaran tahun lalu pihak madrasah belum memperbolehkan mengadakan kegiatan, karena masa itu virus covid-19 masih melonjak," imbuh Ahmad Sholeh.

Jalannya kegiatan pembukaan PTA, dimulai siswa/i madrasah Aliyah negeri Demak berdatangan dan langsung diintruksikan untuk berbaris per sangga. Penentuan sangga  sudah diinformasikan sebelum hari H. Setelah itu, upacara pembukaan PTA dilangsungkan.

Pada kesempatan tersebut, dilangsungkan Prosesi Adat Ambalan oleh sepasang bantara, membawa sebilah keris yang telah terhunus dengan mengenakan pakaian khas adat Jawa. Penancapan keris di sebelah warna merah putih, menandai Prosesi Adat Penerimaan Tamu Ambalan Pramuka MAN Demak telah dimulai.

Setelah acara pembukaan selesai, dilanjutkan kegiatan out bond. Para anggota Bantara turut berkontribusi dalam kepanitiaan turut mengawasi jalannya acara tersebut. Kemudian, kegiatan dilanjut dengan sholat ashar dan berdzikir selama 10 menit, selesai sholat asar tersebut siswa/i madrasah diintruksikan untuk berbaris kembali di sangga masing- masih. 

Setelah itu, ada prosesi siraman sesuai adat Pramuka, kemudian tradisi PTA diakhiri apel penutupan yang dipimpin Kakak Pembina Pramuka MAN Demak, Kak Anik Hudayati.

 

Pewarta: Dhea Rizky Amalia & Tim Pers Manda.