Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Program Istighosah di MAN Demak

mandemak.sch.id - Bulan Istighosah merupakan program baru di MA Negeri Demak untuk mengajak siswa selalu mengingat bahwa dalam budaya Jawa terdapat tradisi kirim doa kepada para sesepuh, pahlawan, hingga guru-guru yang telah mendahului kita. Kegiatan ini dilaksanakan sebulan sekali bertepatan dengan Jumat akhir bulan. Acara ini diikuti oleh semua guru, siswa, keluarga besar MAN Demak. Adapun pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan sebelum proses pembelajaran dan bertempat di kelas masing-masing. Selain dikelas bagi Bapak/Ibu guru yang tidak memiliki jam dikelas, pelaksanaan istighosah bertempat di mushalla.

Acara dimulai dengan pembacaan Istighosah, Tahlil yang dipimpin oleh Asmu'i, S.Ag. dilanjutkan, Mahalul Qiyam yang dipimpin Siswa, dan ditutup dengan do'a yang dipanjatkan oleh Ustadz Dzikron, S.Ud., Alhafidz. 

Asmu'i menyampaikan pentingnya doa dalam perjalanan kehidupan siswa. “Segala puji bagi Allah SWT, yang telah memberikan kita kesempatan untuk dapat berdoa bersama keluarga besar MAN Demak pada kesempatan istimewa ini,” ujarnya.

Selain itu, Asmu'i juga mendoakan dan mengapresiasi peran guru dalam kesuksesannya menghantarkan siswa dalam berbagai kejuaraan, terutama berharap dalam KSM tingkat Nasional di Ternate Maluku Utara. “Guru tidak hanya memberikan pengetahuan, tetapi juga memfasilitasi proses pembelajaran yang efektif. Guru-guru membantu siswa untuk menjadi mandiri dalam pembelajaran mereka,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Plt. Kepala madrasah, Ahmad Soleh, S.Pd.  juga menyampaikan harapan dalam kegiatan ini, sebagai upaya bathin untuk menjadikan anak yang shalih-shalihah yang berbakti, yang menyayangi, dan yang patuh kepada orang tua. “Mari kita jadikan doa sebagai upaya spiritual dengan tujuan untuk meningkatkan kesadaran kolektif bahwa MAN Demak memiliki komitmen untuk membangun jiwa dan raga (dlohir dan bathin)." harapnya.

Acara istighosah doa bersama ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan semangat bagi seluruh keluarga besar MAN Demak dalam menghadapi kehidupan dan membangun masa depan yang lebih baik.