Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

RAPAT EVALUASI DAN PEMBUBARAN PANITIA

Bertempat di ruang kelas XI MIPA 2, Kamis (2/6) pukul 13.00 WIB, dilaksanakan kegiatan pembubaran panitia pelaksana Kegiatan Syiar Ramadhan 1443 H Tahun 2022 MAN Demak.

Semula kegiatan evaluasi dan pembubaran kepanitiaan akan dihadiri Wakil Kepala Bidang Kesiswaan MAN Demak, Ahmad Sholeh, S. Pd. Namun karena ada kepentingan dinas, terkait Program Rancang Bangun Sistem Digitalisasi Kesiswaan di MAN Demak untuk Tahun Pelajaran 2022/2023 mendatang, maka rapat hanya dihadiri segenap panita & nara sumber kegiatan ramadhan dari dewan guru di lingkungan Madrasah Aliyah (MA) Negeri Demak.

Jalannya Rapat

Rapat diawali laporan pertanggungan jawab oleh Supriyono, S. Pd., selaku Ketua Panitia Kegiatan. Dalam laporannya, Supriyono sangat berterima kasih atas dukungan Kepala Madrasah & para Wakill Kepala, seluruh dewan guru dan pegawai madrasah, maupun para siswa, serta para pemateri syiar ramadhan, baik dari kalangan internal maupun eksternal. Dan, yang tak kalah penting, dukungan dari personil kepanitiaan yang terlibat dalam kegiatan tersebut.

"Ada 5 hal pokok tata kelola, terkait penyelenggaraan kegiatan syiar ramadhan 1443 H, yang perlu dievaluasi bersama. Khususnya menyangkut tata kelola waktu, tempat, keterlibatan personal, finansial, dan suasana hati yang berhubungan dengan kepuasan semua pihak," tutur Supriyono.

Terkait laporan penggunaan anggaran dan pendanaan kegiatan, disampaikan oleh Hana Maulida, S. Pd., selaku bendahara kegiatan dan digenapi penjelasannya oleh Eri Haudussofi Mubarod, S. Pd., selaku sekretaris kegiatan. Diuraikan oleh bendahara, seluruh ragam pembiayaan dari kegiatan itu, riil sesuai kenyataan dan kondisi di lapangan.

Sumber dana kegiataan Syiar Ramadhan 1443 H, berasal dari DIPA Madrasah. Dana yang dimaksud telah dikeluarkan dan ditasyarufkan sesuai pos-pos kebutuhan kegiatan yang ada, dan saldo kegiatan nihil.

Pelaksanaan Syiar Ramadhan 1443 H di MAN Demak, digelar selama 4 minggu,  mulai hari Selasa (5/4) sampai dengan Selasa (26/4).

Terdapat 3 model kegiatan, yaitu model 1 pada minggu pertama dan kedua, PTM tetap berlangsung. Untuk siswa yang masuk shift 1 diisi tadarus Qur'an dan dilanjutkan pembelajaran. Untuk shift 2, siswa mengikuti Kajian Interaktif Keislaman bersama para Nara Sumber. Pada tiap akhir sesi, setiap siswa (shif 1 dan 2) wajib membuat laporan, yang dipantau dan dikontrol langsung oleh Wali Kelas melalui Buku Laporan yang tiap hari harus diserahkan.

Model 2 pada minggu ketiga Syiar Ramadhan dikhususkan bagi guru & karyawan MAN Demak. Dilaksanakan usai kegiatan pembelajaran bersama nara sumber dari eksternal.

Model 3 pada minggu keempat, Syiar Ramadhan diisi aneka kegiatan lomba-lomba Islami bagi para siswa. Diantaranya Lomba Baca Kitab Kuning, Lomba Khitobah, Lomba Adzan Subuh, Lomba Pidato Bahasa Inggris, dan Lomba Takbiran.

Evaluasi Program Kegiatan Ramadhan

Evaluasi berdasar riil pelaksanaan dan laporan masing-masing seksi, disimpulkan kegiatan Syiar Ramadhan 1443 H di MAN Demak berjalan baik, lancar sesuai schedule yang direncanakan. Meski

masih ada beberapa catatan kekurangan, yang  ke depan perlu dibenahi, sehingga apapun jalannya kegiatan yang diselenggarakan, benar-benar akuntable, serta terstruktur, terukur, dan teratur.

Sedikit yang perlu dibenahi di tahun depan di bagian kesekretariatan, bagian Acara, security, dan ketentuan durasi waktu untuk materi kajian keislaman tertentu.

Bidang kesekretariatan, masih perlu dibenahi adanya keterlambatan cetak Buku Ramadhan kontrol untuk seluruh siswa. Hari pertama mengalami keterlambatan separuh jumlah siswa belum menerima buku yang dimaksud. Meski kemudian telah teratasi di hari kedua kegiatan. Situasi ini tidak boleh terjadi atau terulang lagi.

Bidang pendanaan tidak ada kendala. Hal yang masih perlu menjadi catatan adalah kepanitiaan perlu mendapat kejelasan tentang regulasi sistem penganggaran yang berlaku. Agar ke depan, siapapun personal yang ditunjuk dalam kepanitiaan, mendapat kejelasan dan tidak bingung. Apakah regulasi menerapkan Best on Program atau Best on Budged  Serta perlunya kepanitiaan memperoleh pemahaman tentang ketentuan-ketentuan yang harus dipahami dan dipatuhi, agar tidak terbentur regulasi yang berlaku.

Untuk bidang acara, yang masih menjadi catatan adalah koordinasi pelaksanaan, ketertiban, keterbatasan waktu penyaji materi dari pihak eksternal, khususnya sajian materi-materi kajian yang mampu menggugah atau memberi kesan di hati, dan kurang optimalnya partisipasi maupun kesiapan peserta lomba.

Untuk bagian security, hal yang masih jadi kendala saat pemberlakuan PTM pola shifting adalah sirkulasi dan koordinasi kepulangan siswa shift 1 dan kedatangan siswa shift 2. Artinya,  siswa yang masuk pagi belum tuntas pulang, sudah disusul kedatangan siswa yang masjk siang. Terutama penataan parkir sepeda motir siswa MAN Demak.

Harapan ke Depan

Sebagaimana evaluasi yang sudah disampaikan, ada harapan bersama dari panitia, semoga tahun depan bisa diperbaiki dan ditingkatkan. Dan akhirnya ucapan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat, tanpa ada guyup dan kekompakan semuanya, kegiatan takkan berjalan maksimal.

"Selesai sudah kepanitiaan dan dengan ini, resmi kepanitiaan saya bubarkan,” pungkas Supriyono.

Pamungkas dari rangkaian kegiataan pembubaran panitia, ditutup do’a oleh Bapak H. Halim Rois, dan dilanjut santap siang nasi kotak bersama.

 

Pewarta: Supriyono, S. Pd. (Staff Waka Kesiswaan)