Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Serba-serbi Perayaan Maulid Nabi dan Peringatan Hari Santri Nasional 2023 di MAN Demak

Demak-Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Demak menggelar peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di halaman madrasah dan di masing-masing kelas, Jum'at (13/10/2023). Kegiatan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1444 H dilaksanakan dengan serangkaian acara dengan dua kegiatan. 

Kegiatan pertama diawali dengan kegiatan khotmil quran pada pukul 07.00 WIB oleh peserta didik, Bapak ibu guru beserta karyawan duduk di lapangan madrasah dengan dipimpin oleh bapak Asmui, S. Ag. Sedangkan untuk pembacaan juz 30 dibacakan oleh Muhamad Ibnu Aqil  A. (XII IPA3) dan Putra Ardianto ( XI F 12). Rangkaian khotmil quran ditutup dengan doa oleh Bapak Dzikron. 

Dalam sambutannya Kepala Madrasah Aliyah Negeri Demak, Bapak Syaefudin, M.Ag mengatakan peringatan Maulid Nabi sebagai ungkapan syukur kita dan penghormatan kepada nabi Muhammad SAW dengan selalu bershalawat agar kita mendapatkan syafaat dari Rasulullah di Yaumul  Akhir. 

Peringatan kelahiran nabi Muhammad SAW ini selain khotmil quran juga diisi dengan perayaan di masing-masing kelas oleh peserta didik. Di dalam kelas peserta didik mengadakan perayaan Maulid nabi dengan pembacaan al-barzanji di lanjutkan mahallul qiyam. Dalam kegiatan itu wali kelas bertugas memdampingi sampai acara berakhir. 

Kegiatan peringatan maulid nabi ini juga dilanjutkan dengan rangkaian perayaan Hari Santri Nasional (HSN) pada hari Sabtu, 14 Oktober 2023 yang jatuh pada hari Minggu (22/10/23). Perayaan HSN di MAN Demak diisi dengan senam santri serta lomba pembacaan kitab dan sarung estafet oleh pesrta didik MAN Demak. (Sulistyowati, S.Pd.)