Madrasah Hebat bermartabat, MAN Demak pilihan tepat
0291-681219    0895337720417

Setelah MATSAMA, MAN Demak adakan Tes Potensi Akademik

mandemak.sch.id - Setelah menjalani berbagai proses adaptasi lingkungan pendidikan yang baru dan juga tradisi Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) seluruh peserta didik saat ini masih dalam masa transisi mencari jati diri. Dari jenjang MTs/SMP ke MA, sehingga ada perubahan pada sikap dan perilaku.

Kegiatan MATSAMA 2024 MA Negeri Demak telah usai, yang sekarang telah menjadi peserta didik tingkat X di MA Negeri Demak, kemudian dilanjutkan agenda Tes Potensi Akademik (TPA). Pada hari  ini Kamis (18/07/2024) MAN Demak mengadakan Tes Potensi Akademik. 

Kegiatan ini bertujuan untuk menggambarkan kemampuan kognitif, karakteristik minat dan kepribadian peserta didik terhadap suatu bidang atau peminatan tertentu. Hal ini dilakukan untuk mengetahui pilihan prodi peserta didik, sesuai dengan minat dan potensi yang dimilikinya. Peserta didik yang tahu dan sadar akan minat dan potensi kognitifnya akan lebih percaya diri dan terhindar dari situasi salah jurusan. Aspek yang diukur umumnya seperti kemampuan verbal, logika berpikir dan daya ingat. Di Tes ini, peserta didik diukur kecenderungan atau minat individu terhadap bidang studi atau peminatan tertentu. Beberapa teori menyebutkan bahwa minat seseorang merupakan cerminan daripada gambaran kepribadian orang tersebut.

Plt. Kepala madrasah Ahmad Soleh, S.Pd. menyampaikan agenda untuk peserta didik baru setelah pelaksanaan MATSAMA selesai, kemudian dilanjutkan dengan menggelar tes potensi akademik. Sebagai upaya memetakan bakat, minat dan kemampuan peserta didik.

’’Dengan Tes Potensi Akademik kita dapat memetakan potensi siswa, sehingga bapak dan ibu guru mengetahui kemampuan anak yang mahir di bidang apa saja. kemudian untuk menentukan pemerataan di setiap kelasnya,’’ ungkapnya.

Segenap keluarga besar MA Negeri Demak mengucapkan Selamat Datang Keluarga Baru yang telah selesai menempuh MATSAMA. Semoga kelak menjadi peserta didik berprestasi yang mampu menjaga dan mengharumkan nama baik almamater MA Negeri Demak. Selamat datang dan sukses bagi seluruh peserta didik kelas X!

#kemenagri